Langsung ke konten utama

Sahammu Masuk Radar UMA (Unusual Market Activity)? Tetap Waspada!

 

Oleh: Cepy Suherman

Pernahkah kamu merasa bahwa sebuah saham memiliki pergerakan yang agak “liar” dan tidak wajar? Dalam waktu yang relatif singkat (umumnya beberapa hari), ia dapat mengalami peningkatan maupun penurunan secara tajam. Situasi seperti ini biasanya diiringi dengan adanya transaksi tinggi secara cepat dan besar.

 

Mengenal UMA (Unusual Market Activity)

Dalam dunia pasar modal dikenal istilah Unusual Market Activity atau UMA, yaitu aktivitas perdagangan dan/atau pergerakan harga suatu Efek yang tidak biasa pada kurun waktu tertentu. Bursa Efek Indonesia (BEI) menilai aktivitas yang tidak biasa tersebut dapat mengganggu terciptanya pasar modal yang teratur, wajar, dan efisien.

pbs.twimg.com

Ciri saham yang ditandai telah mengalami aktivitas tidak biasa ini antara lain:

·        Harga saham terus melonjak naik dan beberapa kali menembus Auto Rejection Atas (ARA). Kenaikan ini biasanya mencapai puluhan persen hingga ratusan persen, sehingga BEI mencurigai adanya tindakan tidak wajar pada setiap transaksi dalam saham ini.

·        Harga saham terus turun dan beberapa kali menembus Auto Rejection Bawah (ARB). Penurunan harga ini juga umumnya terjadi secara drastis hingga mencapai puluhan persen, sehingga terdapat indikasi adanya transaksi yang tidak wajar.

investbro.id

·        Adanya peningkatan volume harian yang jauh melebihi rata-rata. Misalkan sebuah saham diperdagangkan dengan nilai rata-rata transaksi sebesar Rp10 miliar per hari. Namun pada hari ini nilai perdagangannya mencapai Rp90 miliar. Jelas ini jauh di atas rata-rata dan patut dicurigai.

Lalu mengapa sebuah saham bisa bergerak secara tidak wajar?

 

Pasar Saham Tidak Efisien

Mengacu pada teori efisiensi pasar bahwa harga atau nilai saham mencerminkan secara penuh semua informasi yang tersedia mengenai saham tersebut. Perubahan harga saham di dalam pasar efisien mengikuti pola random walk, di mana penaksiran harga saham tidak dapat dilakukan dengan melihat kepada harga-harga historis dari saham tersebut, tetapi lebih berdasarkan pada semua informasi yang tersedia dan muncul di pasar.

www.investopedia.com

Dalam pasar yang efisien, seorang investor tidak dapat mengalahkan return pasar secara sistematis, dan harga saham adalah rasional (wajar). Yang dimaksud rasional adalah harga saham mencerminkan fundamental seperti nilai risiko dan tidak mencerminkan aspek psikologis seperti sentimen dari para investor.

Namun pada kenyataannya, pasar modal di Indonesia termasuk ke dalam pasar yang tidak efisien. Oleh karena itu, harga cenderung bergerak secara acak (random walk) dan banyak perilaku investor yang tidak rasional. Akibat dari tidak efisiennya suatu pasar modal antara lain ialah penyebaran informasi menjadi tidak tersampaikan secara merata kepada seluruh investor, sehingga terdapat investor yang memiliki jumlah informasi yang lebih banyak dibandingkan investor lainnya. Jadi, tidak semua investor mengetahui nilai intrinsik suatu saham.

Adanya ketidakseimbangan penyebaran informasi menimbulkan volatilitas harga yang tinggi di mana harga dapat mengalami peningkatan maupun penurunan secara tajam. Fenomena tersebut dikenal juga sebagai “bubble theory”. Fenomena tersebut dimanfaatkan oleh pihak yang memiliki informasi secara lengkap untuk memanipulasi pasar, misalnya dengan menaikkan harga yang diiringi dengan penyebaran informasi yang menyesatkan.

m.foolcdn.com

BEI selaku otoritas pasar modal di Indonesia selalu berupaya mengantisipasi berbagai praktik yang mengindikasikan terjadinya manipulasi di pasar modal dan senantiasa menjaga agar pasar modal tetap efisien. Salah satu cara yang dilakukan ialah dengan menerapkan sistem peringatan unusual market activity (UMA).

Sebelum mengumumkan UMA atas suatu saham, BEI melakukan pemantauan terhadap informasi setiap efek yang terdiri dari fluktuasi harga dan volume, frekuensi, order/pesanan, pola transaksi, informasi penyelesaian transaksi, serta informasi lain yang penting dan relevan. Apabila satu atau lebih dari hal tersebut terlihat mencurigakan, maka BEI dalam jangka waktu tertentu akan mengumumkan UMA.

Kontan TV

Pengumuman UMA terbagi menjadi dua, yaitu UMA tren positif dan UMA tren negatif. UMA tren positif menandakan bahwa telah terjadi sebuah pergerakan kenaikan harga yang tidak wajar pada suatu saham. Sementara UMA tren negatif menandakan bahwa telah terjadi sebuah pergerakan penurunan harga yang tidak wajar pada suatu saham.

 

UMA dan Suspensi

Saham-saham yang masuk “radar” UMA oleh BEI kebanyakan berasal dari kelompok saham lapis tiga (small-cap stocks). Saham-saham ini memiliki tingkat fluktuasi yang sangat tinggi, sering bergerak tidak wajar, dan dijadikan “saham gorengan”.

IPOT

Unusual market activity sendiri sebenarnya tidak menyalahi dan melanggar peraturan pasar modal. Namun aktivitas tidak biasa tersebut merupakan tindakan yang menyebabkan perdagangan efek menjadi tidak efisien karena adanya tindakan spekulasi dan perubahan sentimen yang bersifat sementara. Tujuan diumumkannya UMA yaitu untuk memperingatkan investor tentang kemungkinan adanya aktivitas perdagangan tidak wajar sehingga harus tetap berhati-hati.

Saham-saham yang terkena UMA masih bisa diperdagangkan. Namun tidak menutup kemungkinan jika saham tersebut tetap bergerak tidak wajar, maka lama-kelamaan saham tersebut akan terkena suspensi. Suspensi merupakan penghentian aktivitas perdagangan saham sementara waktu, karena saham bergerak tidak wajar.

pbs.twimg.com

Tidak ada jangka waktu pasti kapan suspensi akan berakhir. Suspensi bisa terjadi beberapa hari saja, atau bahkan hingga berbulan-bulan. Dan untuk mempercepat durasi suspensi, pihak emiten akan mengungkapkan keterbukaan informasi secepat mungkin. Keterbukaan informasi tersebut biasanya mencakup kinerja, rencana aksi korporasi hingga jawaban manajemen emiten atas permintaan konfirmasi bursa.

 

Hindari Saham Dengan Pergerakan Tidak Wajar

Volatilitas yang tinggi seringkali menawarkan peluang bagi investor untuk memperoleh laba dalam waktu singkat. Ketika saham tersebut naik secara cepat dan signifikan, kamu seringkali tergoda untuk membeli saham tersebut. Atau jika sahammu tiba-tiba bergerak menurun secara tajam, mungkin kamu akan merasa panik dan ingin segera menjual saham tersebut.

metro.co.uk

Perlu kamu ketahui, saham-saham yang masuk ke dalam daftar UMA sekilas terlihat menggoda. Namun justru saham-saham tersebut bisa membahayakan atau merugikan jika kamu tidak berhati-hati melakukan transaksi. Itu sebabnya BEI memberikan status UMA sebagai “warning” agar investor lebih berhati-hati.

Saham yang bergerak tidak wajar tentu sangat membahayakan investor. Saham yang tiba-tiba bergerak dalam waktu singkat dan tanpa alasan yang jelas, besar kemungkinan bisa jatuh dalam waktu cepat juga. Jika setelah terkena UMA saham itu terus bergerak liar, maka bisa saja BEI langsung membekukan perdagangan saham tersebut sementara waktu (suspensi). Bagi kamu yang ingin mengetahui saham apa saja yang masuk daftar UMA, bisa klik di sini.

Bagi kamu yang sudah memiliki saham yang terkena UMA, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Pertama, perhatikan jawaban emiten atas permintaan konfirmasi bursa terkait indikasi pergerakan tak wajar ini. Kedua, cermati kinerja emiten dan keterbukaan informasinya, Ketiga, lakukan pengkajian kembali rencana aksi korporasi perusahaan kalau rencana tersebut memang belum mendapat persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

economictimes.indiatimes.com

Terakhir, bagi kamu justru yang berniat membeli saham UMA, pertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat ditimbulkan di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi. Sebaiknya hindari saham-saham yang terkena UMA, karena risikonya sangat besar. Apalagi jika nantinya saham tersebut disuspensi, tentu akan sangat merugikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencari Saham Murah Menggunakan Margin of Safety

Oleh: Cepy Suherman Tahukah kamu, Warren Buffet pernah berkata bahwa ada tiga kata yang paling penting dalam investasi. Tiga kata tersebut yaitu “ Margin of Safety” . Menurutnya, kata-kata (konsep) tersebut sangatlah penting bagi siapapun yang ingin meraih kesuksesan di pasar modal. tradebrains.in Bagi para value investor , margin of safety menjadi semacam strategi investasi yang wajib dipahami dan dikuasai. Dengan strategi ini, mereka bisa memperoleh saham bagus dengan harga murah, untuk kemudian dijual kembali pada harga yang lebih tinggi. Penasaran dengan strategi investasi yang satu ini? Yuk, kita simak penjelasan berikut ini. Mengenal Margin of Safety Dalam ilmu investasi, margin of safety (MOS) sebenarnya menggambarkan selisih antara harga saham ( market value ) dengan nilai intrinsik ( intrinsic value ) saham tersebut. Margin of safety atau biasa disebut juga dengan “margin pengaman” atau “batas aman” ini, adalah konsep yang dipopulerkan oleh Benjamin

Efficient Market Hypothesis: Sebuah Teori dalam Memahami Perilaku Pasar Modal

Oleh: Cepy Suherman Mempelajari pasar modal, tentu tidak akan lepas dari berbagai macam konsep dan teori yang terus dikembangkan. Salah satu “penemuan” terbesar di bidang keuangan (khususnya pasar modal) yaitu dikemukakannya sebuah hipotesis tentang pasar yang efisien ( Efficient Market Hypothesis ). Apakah kamu pernah mendengar hipotesis ini? tradebrains.in Dari sekian banyak teori keuangan, hipotesis pasar efisien dianggap sebagai salah satu teori paling penting yang wajib diketahui semua pelaku pasar modal. Konsepnya yang menarik, telah menjadikan teori ini mendapatkan perhatian yang luar biasa dan terus-menerus diuji di hampir seluruh pasar modal di dunia hingga sekarang. Penasaran, seperti apa hipotesis ini? Yuk kita simak penjelasan berikut ini. Mengenal Efficient Market Hypothesis (EMH) Efficient Market Hypothesis (EMH) pertama kali dikembangkan dari sebuah disertasi seorang ahli keuangan bernama Eugene Fama pada 1960-an, yang kemudian diperkenalkan sec

Penerapan Ekonometrika Keuangan dalam Aktivitas Trading di Pasar Modal

Oleh: Cepy Suherman Sebelum melakukan trading, para trader umumnya melakukan analisis terhadap surat berharga (efek) yang akan mereka beli, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Dalam analisis kualitatif, para trader akan mengamati model bisnis suatu perusahaan, manajemen, keunggulan kompetitif, corporate governance , regulasi, hingga pertumbuhan industri. Di sisi lain, analisis kuantitatif dilakukan dengan memeriksa laporan keuangan perusahaan. Melalui laporan keuangan ini akan diketahui mengenai nilai aset, kewajiban, kepemilikan modal, hingga proyeksi laba di masa yang akan datang. londontradinginstitute.com Salah satu metode kuantitatif yang cukup banyak dipakai dalam trading saham yaitu melalui Pemodelan Ekonometrika ( econometric modeling ). Salah satu kelebihan metode ekonometrika ini yaitu kemampuannya untuk melakukan peramalan ( forecasting ) dengan derajat probabilitas tertentu. Dalam kondisi yang penuh dengan ketidakpastian, peramalan melalui meto

Pasar Modal: Alternatif Pendanaan Modal Perusahaan

Oleh: Cepy Suherman Setiap pemilik perusahaan tentu ingin perusahaannya bisa tumbuh besar dan menguntungkan. Namun hal ini tidaklah mudah. Selain strategi dan kerja keras, tak jarang dibutuhkan pula tambahan modal yang mesti disiapkan untuk mencapai tujuan tersebut. www.iexpats.com Untuk bisa berekspansi, perusahaan dapat mengandalkan tiga alternatif sumber pendanaan. Pertama , menggunakan pendanaan internal. Sumber pendanaan ini berasal dari dalam perusahaan. Contohnya adalah laba ditahan ( retained earning ). Laba ditahan adalah bagian laba perusahaan yang tidak dibagikan kepada para pemegang saham. Besarnya laba ditahan ini tergantung jumlah laba yang diperoleh perusahaan pada periode tertentu serta ditentukan pula oleh hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) mengenai seberapa besar bagian keuntungan yang akan dibagikan. Kedua , mengajukan pinjaman ke bank. Pendanaan seperti ini biasanya disebut dengan debt financing (utang). Dana atau modal yang diperoleh dari bank

Mengenal Trading Indicator Jepang Ichimoku Kinko Hyo

Oleh: Cepy Suherman Saat mendengar istilah “ Ichimoku Kinko Hyo ”, kamu pasti akan mengasosiasikannya dengan negara Jepang. Yup, istilah ini memang diambil dari bahasa Jepang yang merupakan gabungan dari kata “ Ichimoku ” yang artinya sekilas, “ Kinko ” yang berarti keseimbangan, dan “ Hyo ” yang berarti grafik. Jadi secara sederhana Ichimoku Kinko Hyo dapat diartikan sebagai grafik yang menggambarkan keseimbangan sekilas ( equilibrium at a glance ). Pinterest Ichimoku merupakan salah satu trading indicator yang banyak digunakan para trader maupun investor. Indikator ini pertama kali dikembangkan oleh seorang jurnalis asal Jepang bernama Goichi Hosada pada 1936. Dibutuhkan waktu 20 tahun bagi Goichi Hosada untuk mengembangkan dan menguji indikator ini hingga akhirnya baru dirilis pada 1969 saat ia menulis sebuah buku. videosde.eu Pada awal kemunculannya, Ichimoku hanya digunakan oleh para trader di kawasan Asia. Mereka menggunakan indikator ini dalam

Mengukur Kinerja Reksadana dengan Indikator Kuantitatif

Oleh: Cepy Suherman Setiap orang tentu ingin memperoleh keuntungan saat berinvestasi di reksadana. Untuk mencapai hal tersebut, seorang investor biasanya akan mengamati dan melakukan review atas produk-produk reksadana yang akan mereka beli. Cara paling gampang yaitu dengan menilai reksadana berdasarkan tingkat keuntungan ( return ) dengan melihat grafik perkembangan Nilai Aktiva Bersih dari waktu ke waktu. i.ytimg.com Sebenarnya ada banyak cara untuk mengukur kinerja suatu produk reksadana. Salah satunya melalui pendekatan kuantitatif dengan bermacam indikator. Penggunaan indikator ini dapat membantu investor untuk mencari produk-produk reksadana yang dapat menghasilkan return yang optimal dengan risiko yang terukur. Dan investor tentunya menginginkan memiliki produk reksadana yang menghasilkan return tinggi dengan risiko rendah. Menilai kinerja reksadana hanya dari tingkat keuntungannya saja memang memiliki banyak kelemahan. Untuk itu diperlukan beberapa indi

Modern Portfolio Theory: Panduan dalam Diversifikasi Investasi

Oleh: Cepy Suherman “ Don’t put all your eggs in one basket ” Kamu tentu pernah mendengar pepatah di atas. Dalam dunia investasi, hal ini berarti bahwa sebaiknya kamu tidak menempatkan semua modalmu dalam satu instrumen saja. Karena jika “keranjang” itu jatuh, maka “telur-telurmu” pun akan pecah semua. Tidak semua orang berani menghadapi risiko tinggi saat berinvestasi. Untuk memperoleh hasil optimal dengan risiko yang minimal, salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan diversifikasi. Caranya yaitu dengan menempatkan aset-aset ke berbagai instrumen investasi. live.staticflickr.com Banyak investor pemula yang belum sadar pentingnya melakukan diversifikasi. Padahal strategi ini dapat membantu kita dalam meminimalisir risiko, sekaligus mencapai hasil yang diharapkan. Untuk itu, melalui penjelasan berikut ini kita akan mencari tahu seberapa penting melakukan diversifikasi dalam aktivitas investasi. Pentingnya Diversifikasi Secara se

Mengenal John Maynard Keynes: Sang Bapak Makroekonomi Modern

Oleh: Cepy Suherman Bagi kamu yang kuliah di Fakultas Ekonomi (atau tertarik dengan ilmu ekonomi) mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama tokoh yang satu ini. Yup, dia adalah John Maynard Keynes . Pria yang dinobatkan sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh abad ke-20 versi Majalah Times ini, merupakan salah satu ekonom yang sangat penulis kagumi sejak lama.  The School of Life YouTube Channel Kehebatan Keynes dalam bidang teori ekonomi, terutama makroekonomi , sudah diakui oleh banyak orang. Pemikirannya telah mempengaruhi, bahkan mengubah berbagai kebijakan ekonomi di banyak negara. Atas prestasinya ini wajar saja jika Majalah The Economist menganggap Keynes sebagai Ekonom Terbesar Inggris abad ke-20. Penarasan siapa John Maynard Keynes sebenarnya? Yuk, simak penjelasan berikut. Siapa itu John Maynard Keynes? John Maynard Keynes lahir pada 5 Juni 1883 di Cambridge, Inggris. Ia merupakan putra dari John Neville Keynes , seorang dosen filsafat dan ekonom