Langsung ke konten utama

Masih Takut Berinvestasi? Yuk, Pelajari Reksadana Terproteksi!

 

Oleh: Cepy Suherman

Sebagian orang mengira bahwa berinvestasi di pasar modal butuh modal besar dan sangat berisiko. Hal ini tentu saja tidak sepenuhnya benar, karena banyak juga produk pasar modal yang menawarkan risiko rendah bahkan dengan modal yang kecil. Salah satunya adalah Reksadana Terproteksi.

pix4free.org

Mungkin banyak orang sudah mengenal tentang produk reksadana. Namun tidak sedikit juga di antara mereka yang masih awam dengan produk reksadana terproteksi. Reksadana Terproteksi (capital protected fund) adalah jenis reksadana di mana investor akan diberikan jaminan perlindungan hingga 100% terhadap dana pokok investasi ketika jatuh tempo.

Sifat unik dari jenis reksadana ini yaitu adanya proteksi 100% pada pokok investasi awal hingga jatuh tempo periode investasi, sepanjang nasabah tidak melakukan penjualan kembali sebelum jatuh tempo. Jadi, selain membuat keuanganmu menjadi aman di masa depan, reksadana terproteksi juga dapat memberikan passive income di setiap periodenya.

 

Karakteristik Reksadana Terproteksi

Seperti halnya jenis reksadana lain, reksadana terproteksi memiliki karakteristik yang sama terkait manfaat, kewajiban, dan cara membelinya. Namun demikian ada beberapa karakterisk yang membuat reksadana terproteksi berbeda dengan reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, dan reksadana campuran.

Dikutip dari cermati.com, ada beberapa karakteristik khusus yang dimiliki reksadana terproteksi.

1.       Jangka Waktu Investasi

Jangka waktu investasi reksadana terproteksi umumnya sekitar 6 bulan sampai 4 tahun. Meski demikian, kamu dapat saja mencairkan dananya kapanpun dibutuhkan, hanya saja kamu tidak akan mendapatkan proteksi pada pokok reksadana tersebut. Oleh karenanya, untuk bisa tetap mendapatkan proteksi dana awal, ada baiknya kamu menyesuaikan investasimu dengan jangka waktu yang telah ditentukan oleh Manajer Investasi.

media.istockphoto.com

Dan perlu kamu ketahui, tidak seperti jenis reksadana lainnya, reksadana terproteksi ini memiliki masa jatuh tempo. Saat surat utang yang dibeli Manajer Investasi sudah jatuh tempo, maka saat itu pula reksadana terproteksi telah jatuh tempo. Reksadana ini kemudian akan dibubarkan sesaat setelah surat utang di mana Manajer Investasi menempatkan dananya telah jatuh tempo. Itulah mengapa berinvestasi pada reksadana terproteksi memiliki jangka waktu tertentu.

 

2.       Periode Pembelian

Berbeda dengan reksadana terbuka dan reksadana indeks, reksadana terproteksi memiliki masa penawaran yang terbatas. Artinya kamu hanya dapat membeli reksadana ini pada saat tertentu saja. Manajer Investasi umumnya akan membuka masa penawaran reksadana terproteksi yang lamanya maksimal 120 hari kerja.

 

3.       Imbal Hasil

Reksadana terproteksi memberikan imbal hasil yang lebih tinggi daripada tabungan atau deposito. Imbal hasilnya juga diberikan secara bertahap, yaitu setiap 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun. Besaran imbal hasil ini diperoleh dari bunga/kupon surat utang dikurangi dengan faktor biaya dan pajak.

 

www.acepnow.com

4.       Bersifat Pasif

Dana kelolaan dalam reksadana terproteksi akan ditempatkan pada instrumen obligasi antara 70% hingga 100%, dan sisanya dimasukkan ke dalam pasar uang. Setelah itu reksadana akan dikelola secara pasif karena Manajer Investasi tidak melakukan transaksi sampai jatuh tempo tiba.

Manajer Investasi diperbolehkan untuk menempatkan dananya hanya ke satu surat utang atau obligasi saja (single bond), atau mengalokasikan dana ke beberapa surat utang (multiple bond). Setelah dana ditempatkan pada instrumen obligasi, Manajer Investasi lalu hanya menunggu jatuh temponya.

miro.medium.com

Kalau seperti itu, kenapa kita tidak membeli surat utang secara langsung saja? Nah, di sini masalahnya. Surat utang (khususnya yang non ritel) umumnya dijual dengan minimum pembelian yang sangat mahal, sehingga tidak terjangkau oleh investor ritel. Reksadana terproteksi kemudian hadir untuk menawarkan kemudahan bagi investor seperti kita untuk bisa berinvestasi pada surat utang dengan minimum pembelian yang rendah.

 

5.       Nilai Pokok Turun

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, dana awal investasi akan terproteksi 100% jika kamu tidak menjual unit reksadana hingga jatuh tempo. Namun jika kamu mencairkan atau menjualnya sebelum jatuh tempo, maka nilai pokoknya akan turun.

 

Risiko dan Kekurangan Reksadana Terproteksi

Pada dasarnya setiap bentuk investasi memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Meski reksadana ini memiliki “proteksi”, bukan berarti ia menjamin kepastian dalam berinvestasi. Tetap saja ada risiko yang harus dihadapi investor, antara lain sebagai berikut.

1.       Risiko Kredit

Manajer Investasi diberi keleluasaan untuk menempatkan dananya, baik di surat utang pemerintah maupun di surat utang swasta. Meski dianggap relatif aman, berinvestasi pada surat utang pun memiliki berbagai risiko seperti gagal bayar, risiko industri, ataupun risiko perubahan aturan.

www.investopedia.com

Sebenarnya sangat mungkin terjadi nilai pokok investasi reksadana terproteksi berkurang atau bahkan tidak kembali. Jika hal tersebut terjadi bukan karena kesalahan Manajer Investasi, melainkan kesalahan penerbit obligasi yang dinyatakan wan prestasi, maka kita tidak dapat menuntut pihak Manajer Investasi. Lain halnya jika kerugian disebabkan Manajer Investasi membawa kabur dana investor, maka investor dapat menuntutnya.

 

2.       Pencairan Dana yang Tidak Fleksibel

Seperti kita ketahui, reksadana terproteksi hanya dapat dibeli pada saat periode penawaran, dan dapat dicairkan saat sudah jatuh tempo. Namun adakalanya kita memiliki kebutuhan mendesak yang mengharuskan kita mencairkan dana sesegera mungkin. Tentunya ada konsekuensi yang harus kita terima yaitu turunnya nilai pokok investasi karena mencairkan dana sebelum masa jatuh tempo. Hal ini tentu menjadi kurang mengunutungkan bagi investor yang pada saat tertentu ingin menarik uangnya kembali.

www.sarwa.co
        

3.       Risiko dari Investasi Lain

Manajer Investasi bisa saja tidak menempatkan 100 persen dananya pada instrumen surat utang. Ia diperbolehkan menyisihkan 10 hingga 30 persen dananya ke instrumen investasi yang lain, misalnya instrumen pasar uang. Namun instrumen pasar uang pun masih memiliki risiko. Bisa saja pembayaran kupon obligasi lancar, namun ada potensi penurunan return akibat kerugian di instrumen yang lain.

 

Dari penjelasan tersebut dapat kita simpulkan bahwa reksadana terproteksi adalah solusi tepat bagi kamu yang ingin berinvestasi secara aman. Namun jangan lupa untuk tetap berhati-hati dalam memilih Manajer Investasi, karena pilihanmu akan menentukan hasil investasimu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencari Saham Murah Menggunakan Margin of Safety

Oleh: Cepy Suherman Tahukah kamu, Warren Buffet pernah berkata bahwa ada tiga kata yang paling penting dalam investasi. Tiga kata tersebut yaitu “ Margin of Safety” . Menurutnya, kata-kata (konsep) tersebut sangatlah penting bagi siapapun yang ingin meraih kesuksesan di pasar modal. tradebrains.in Bagi para value investor , margin of safety menjadi semacam strategi investasi yang wajib dipahami dan dikuasai. Dengan strategi ini, mereka bisa memperoleh saham bagus dengan harga murah, untuk kemudian dijual kembali pada harga yang lebih tinggi. Penasaran dengan strategi investasi yang satu ini? Yuk, kita simak penjelasan berikut ini. Mengenal Margin of Safety Dalam ilmu investasi, margin of safety (MOS) sebenarnya menggambarkan selisih antara harga saham ( market value ) dengan nilai intrinsik ( intrinsic value ) saham tersebut. Margin of safety atau biasa disebut juga dengan “margin pengaman” atau “batas aman” ini, adalah konsep yang dipopulerkan oleh Benjamin

Efficient Market Hypothesis: Sebuah Teori dalam Memahami Perilaku Pasar Modal

Oleh: Cepy Suherman Mempelajari pasar modal, tentu tidak akan lepas dari berbagai macam konsep dan teori yang terus dikembangkan. Salah satu “penemuan” terbesar di bidang keuangan (khususnya pasar modal) yaitu dikemukakannya sebuah hipotesis tentang pasar yang efisien ( Efficient Market Hypothesis ). Apakah kamu pernah mendengar hipotesis ini? tradebrains.in Dari sekian banyak teori keuangan, hipotesis pasar efisien dianggap sebagai salah satu teori paling penting yang wajib diketahui semua pelaku pasar modal. Konsepnya yang menarik, telah menjadikan teori ini mendapatkan perhatian yang luar biasa dan terus-menerus diuji di hampir seluruh pasar modal di dunia hingga sekarang. Penasaran, seperti apa hipotesis ini? Yuk kita simak penjelasan berikut ini. Mengenal Efficient Market Hypothesis (EMH) Efficient Market Hypothesis (EMH) pertama kali dikembangkan dari sebuah disertasi seorang ahli keuangan bernama Eugene Fama pada 1960-an, yang kemudian diperkenalkan sec

Penerapan Ekonometrika Keuangan dalam Aktivitas Trading di Pasar Modal

Oleh: Cepy Suherman Sebelum melakukan trading, para trader umumnya melakukan analisis terhadap surat berharga (efek) yang akan mereka beli, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Dalam analisis kualitatif, para trader akan mengamati model bisnis suatu perusahaan, manajemen, keunggulan kompetitif, corporate governance , regulasi, hingga pertumbuhan industri. Di sisi lain, analisis kuantitatif dilakukan dengan memeriksa laporan keuangan perusahaan. Melalui laporan keuangan ini akan diketahui mengenai nilai aset, kewajiban, kepemilikan modal, hingga proyeksi laba di masa yang akan datang. londontradinginstitute.com Salah satu metode kuantitatif yang cukup banyak dipakai dalam trading saham yaitu melalui Pemodelan Ekonometrika ( econometric modeling ). Salah satu kelebihan metode ekonometrika ini yaitu kemampuannya untuk melakukan peramalan ( forecasting ) dengan derajat probabilitas tertentu. Dalam kondisi yang penuh dengan ketidakpastian, peramalan melalui meto

Pasar Modal: Alternatif Pendanaan Modal Perusahaan

Oleh: Cepy Suherman Setiap pemilik perusahaan tentu ingin perusahaannya bisa tumbuh besar dan menguntungkan. Namun hal ini tidaklah mudah. Selain strategi dan kerja keras, tak jarang dibutuhkan pula tambahan modal yang mesti disiapkan untuk mencapai tujuan tersebut. www.iexpats.com Untuk bisa berekspansi, perusahaan dapat mengandalkan tiga alternatif sumber pendanaan. Pertama , menggunakan pendanaan internal. Sumber pendanaan ini berasal dari dalam perusahaan. Contohnya adalah laba ditahan ( retained earning ). Laba ditahan adalah bagian laba perusahaan yang tidak dibagikan kepada para pemegang saham. Besarnya laba ditahan ini tergantung jumlah laba yang diperoleh perusahaan pada periode tertentu serta ditentukan pula oleh hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) mengenai seberapa besar bagian keuntungan yang akan dibagikan. Kedua , mengajukan pinjaman ke bank. Pendanaan seperti ini biasanya disebut dengan debt financing (utang). Dana atau modal yang diperoleh dari bank

Mengenal Trading Indicator Jepang Ichimoku Kinko Hyo

Oleh: Cepy Suherman Saat mendengar istilah “ Ichimoku Kinko Hyo ”, kamu pasti akan mengasosiasikannya dengan negara Jepang. Yup, istilah ini memang diambil dari bahasa Jepang yang merupakan gabungan dari kata “ Ichimoku ” yang artinya sekilas, “ Kinko ” yang berarti keseimbangan, dan “ Hyo ” yang berarti grafik. Jadi secara sederhana Ichimoku Kinko Hyo dapat diartikan sebagai grafik yang menggambarkan keseimbangan sekilas ( equilibrium at a glance ). Pinterest Ichimoku merupakan salah satu trading indicator yang banyak digunakan para trader maupun investor. Indikator ini pertama kali dikembangkan oleh seorang jurnalis asal Jepang bernama Goichi Hosada pada 1936. Dibutuhkan waktu 20 tahun bagi Goichi Hosada untuk mengembangkan dan menguji indikator ini hingga akhirnya baru dirilis pada 1969 saat ia menulis sebuah buku. videosde.eu Pada awal kemunculannya, Ichimoku hanya digunakan oleh para trader di kawasan Asia. Mereka menggunakan indikator ini dalam

Mengukur Kinerja Reksadana dengan Indikator Kuantitatif

Oleh: Cepy Suherman Setiap orang tentu ingin memperoleh keuntungan saat berinvestasi di reksadana. Untuk mencapai hal tersebut, seorang investor biasanya akan mengamati dan melakukan review atas produk-produk reksadana yang akan mereka beli. Cara paling gampang yaitu dengan menilai reksadana berdasarkan tingkat keuntungan ( return ) dengan melihat grafik perkembangan Nilai Aktiva Bersih dari waktu ke waktu. i.ytimg.com Sebenarnya ada banyak cara untuk mengukur kinerja suatu produk reksadana. Salah satunya melalui pendekatan kuantitatif dengan bermacam indikator. Penggunaan indikator ini dapat membantu investor untuk mencari produk-produk reksadana yang dapat menghasilkan return yang optimal dengan risiko yang terukur. Dan investor tentunya menginginkan memiliki produk reksadana yang menghasilkan return tinggi dengan risiko rendah. Menilai kinerja reksadana hanya dari tingkat keuntungannya saja memang memiliki banyak kelemahan. Untuk itu diperlukan beberapa indi

Modern Portfolio Theory: Panduan dalam Diversifikasi Investasi

Oleh: Cepy Suherman “ Don’t put all your eggs in one basket ” Kamu tentu pernah mendengar pepatah di atas. Dalam dunia investasi, hal ini berarti bahwa sebaiknya kamu tidak menempatkan semua modalmu dalam satu instrumen saja. Karena jika “keranjang” itu jatuh, maka “telur-telurmu” pun akan pecah semua. Tidak semua orang berani menghadapi risiko tinggi saat berinvestasi. Untuk memperoleh hasil optimal dengan risiko yang minimal, salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan diversifikasi. Caranya yaitu dengan menempatkan aset-aset ke berbagai instrumen investasi. live.staticflickr.com Banyak investor pemula yang belum sadar pentingnya melakukan diversifikasi. Padahal strategi ini dapat membantu kita dalam meminimalisir risiko, sekaligus mencapai hasil yang diharapkan. Untuk itu, melalui penjelasan berikut ini kita akan mencari tahu seberapa penting melakukan diversifikasi dalam aktivitas investasi. Pentingnya Diversifikasi Secara se

Mengenal John Maynard Keynes: Sang Bapak Makroekonomi Modern

Oleh: Cepy Suherman Bagi kamu yang kuliah di Fakultas Ekonomi (atau tertarik dengan ilmu ekonomi) mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama tokoh yang satu ini. Yup, dia adalah John Maynard Keynes . Pria yang dinobatkan sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh abad ke-20 versi Majalah Times ini, merupakan salah satu ekonom yang sangat penulis kagumi sejak lama.  The School of Life YouTube Channel Kehebatan Keynes dalam bidang teori ekonomi, terutama makroekonomi , sudah diakui oleh banyak orang. Pemikirannya telah mempengaruhi, bahkan mengubah berbagai kebijakan ekonomi di banyak negara. Atas prestasinya ini wajar saja jika Majalah The Economist menganggap Keynes sebagai Ekonom Terbesar Inggris abad ke-20. Penarasan siapa John Maynard Keynes sebenarnya? Yuk, simak penjelasan berikut. Siapa itu John Maynard Keynes? John Maynard Keynes lahir pada 5 Juni 1883 di Cambridge, Inggris. Ia merupakan putra dari John Neville Keynes , seorang dosen filsafat dan ekonom