Langsung ke konten utama

Ingin Memperoleh Suntikan Dana Investasi? Manfaatkan Modal Ventura!

 

Oleh: Cepy Suherman

 

Sering kita bertanya-tanya, bagaimana sebuah perusahaan rintisan (start-up) yang tergolong baru bisa memiliki modal dalam jumlah yang sangat besar. Nilainya bahkan mencapai ratusan milyar hingga belasan trilyun rupiah. Padahal perusahaan konvensional yang sudah mapan saja, membutuhkan waktu hingga berpuluh-puluh tahun untuk bisa memiliki modal sebesar itu.

Seperti kita ketahui bahwa membangun bisnis, apalagi dalam skala besar, memerlukan modal yang tidak sedikit. Seringkali pemilik perusahaan tidak sanggup meng-cover semua biaya operasional dengan dana sendiri saat mulai merintis bisnis. Sebagian dari mereka berusaha menutupi kekurangan modalnya dengan meminjam uang dari bank, mencari pendanaan dari pasar modal, atau mencari partner bisnis lain yang bisa diajak bekerjasama membangun perusahaan.

nvngia.com

Tahukah kamu bahwa ada satu alternatif sumber pendanaan yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah modal perusahaanmu, yaitu melalui Modal Ventura. Lembaga pendanaan semacam ini memang masih sangat asing bagi kebanyakan orang di Indonesia. Oleh karena itu, pertanyaan mengenai apa itu modal ventura masih sering dipertanyakan di kalangan masyarakat, terutama para pemilik usaha.

 

Mengenal Modal Ventura

Dikutip dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Modal Ventura (venture capital) adalah badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan/penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan (investee company) untuk jangka waktu tertentu dalam bentuk penyertaan saham, penyertaan melalui pembelian obligasi konversi, dan/atau pembiayaan berdasarkan pembagian atas hasil usaha.

Perusahaan modal ventura umumnya menginvestasikan dana dengan membeli saham perusahaan-perusahaan rintisan. Investasi seperti ini memang memiliki risiko yang tinggi, namun potensi keuntungannya pun tinggi. Dan hal ini diketahui betul oleh para pemodal di perusahaan modal ventura.

images.prismic.io

Besarnya risiko yang mungkin dihadapi modal ventura, mengharuskan ia mencari dan membiayai usaha-usaha yang memiliki expected return yang tinggi. Salah satu jenis usaha yang menjanjikan keuntungan besar adalah usaha baru di bidang pengembangan teknologi. Banyak perusahaan modal ventura bahkan bersedia membiayai ide, gagasan, dan riset yang diperkirakan akan dapat dikembangkan menjadi suatu realita usaha yang memberikan keuntungan di masa datang.

Berbeda dengan bank yang memberikan pembiayaan dalam bentuk pemberian pinjaman atau kredit, dalam modal ventura pembiayaan dilakukan dengan cara melakukan penyertaan langsung ke dalam perusahaan yang dibiayainya (equity financing). Perusahaan yang memperoleh pembiayaan modal ventura disebut juga dengan Perusahaan Pasangan Usaha (PPU) atau investee company.

Umumnya, pembiayaan modal ventura hampir selalu disertai dengan persyaratan keterlibatan dalam manajemen PPU, yang biasanya disepakati dalam perjanjian modal ventura. Dalam hal ini perusahaan modal ventura selain sebagai venture capital fund, juga dapat bertindak sebagai management venture capital company. Itulah sebabnya perusahaan modal ventura selain melakukan monitoring dan analisis investasi, juga dapat ikut terlibat dapat pembuatan keputusan bersama manajemen perusahaan pasangan usaha.

assets.devx.work

Selain penyertaan modal, modal ventura juga menanamkan dananya ke dalam obligasi konversi (convertible bond) yang memiliki hak opsi untuk ditukarkan dengan saham PPU. Jangka waktu pembiayaannya pun bersifat sementara. Di beberapa negara, jangka waktu pembiayaan modal ventura berkisar mulai dari 3 hingga 10 tahun. Di Indonesia sendiri, jangka waktu maksimum pembiayaan adalah selama 40 tahun.

 

Dari Mana Perusahaan Modal Ventura Memperoleh Pendanaan?

Sebenarnya mekanisme modal ventura merupakan suatu proses yang menggambarkan arus investasi. Kebanyakan dana ventura ini berasal dari sekelompok investor yang sudah mapan secara keuangan, seperti bank investasi, dana pensiun, perusahaan asuransi, dan institusi keuangan lainnya yang melakukan pengumpulan dana ataupun kemitraan untuk tujuan investasi tersebut. Mereka mengalokasikan sekitar 10 persen uang mereka ke dalam investasi yang lebih berisiko dengan potensi imbalan yang lebih tinggi.

Modal yang dihimpun dari berbagai sumber atau investor, kemudian dikumpulkan dalam suatu wadah atau lembaga khusus yang dibentuk untuk itu, yang dikenal dengan venture capital funds. Para profesional yang mempunyai keahlian dalam mengelola investasi kemudian mencari jenis investasi yang potensial. Profesional ini dapat berupa lembaga yang disebut perusahaan manajemen atau management venture capital fund company.

www.feedough.com

Perusahaan modal ventura umumnya akan menentukan jumlah pendanaan dan ke mana dana akan diinvestasikan. Para investor akan menjadi limited partner (mitra terbatas), sedangkan manajer investasi bertindak sebagai general partner. General partner kemudian akan mencari puluhan usaha yang layak untuk didanai. Ia juga akan bergabung dalam struktur manajemen dari perusahaan-perusahaan ini untuk mengelola investasi yang diberikan. Dan atas semua tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya, general partner akan mendapatkan contract fee atau management fee, dan succes fee.

 

Jenis-Jenis Modal Ventura

Berbicara mengenai jenis modal ventura, terdapat banyak ragam jenis modal ventura yang bisa kita kelompokkan ke dalam beberapa kategori, antara lain sebagai berikut.

1.       Berdasarkan Cara Pemberian Bantuan

a.      Single Tier Approach, yakni perusahaan mengumpulkan dana dan mengelolanya agar bisa diinvestasikan ke perusahaan pasangan usaha dalam bentuk modal.  

b.     Two Tier Approach, yakni terdapat dua perusahaan (baik bersama ataupun terpisah) yang mengumpulkan dana dengan dua fungsi yang berbeda. Perusahaan satu sebagai penyedia dana (fund company), dan yang lainnya sebagai pengelola (management company).

www.slideshare.net
  

2.       Berdasarkan Cara Penghimpunan

a.      Leverage Venture Capital, yakni dana yang berasal dari satu perusahaan modal ventura, namun dikumpulkan dalam wujud pinjaman yang berasal dari berbagai pihak.

b.     Equity Venture Capital, yakni bersumber dari suatu perusahaan modal ventura, namun sebagian besar dananya dikumpulkan dari modal pribadi.

3.       Berdasarkan Cara Penghimpunan

a.      Private Venture Capital Company, yakni perusahaan yang belum go public karena belum menjual sahamnya di bursa efek.

b.     Public Venture Capital Company, yakni perusahaan yang sudah go public karena sudah menjual sahamnya di bursa efek.

c.      Bank Affiliate Venture Capital Company, yakni perusahaan yang didirikan oleh beberapa bank yang dibentuk untuk modal ventura.

bri.co.id

d.     Conglomerate Venture Capital, yakni perusahaan yang dibentuk oleh beberapa jenis perusahaan besar.



Manfaat Modal Ventura

Banyak sekali manfaat dari adanya modal ventura yang mungkin belum banyak diketahui. Pendanaan atau pembiayaan modal sangat bermanfaat, terutama bagi para pengusaha yang sedang merintis bisnisnya (start up). Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari modal ventura. 

1.      Membantu perusahaan yang pada tahap awal usahanya mengalami kesulitan dana. Karena seperti kita ketahui, perusahaan yang baru saja dirintis sangat kesulitan untuk memperoleh pinjaman dari bank. Hal itu karena belum adanya hasil usaha yang stabil serta manajemen yang masih belum teruji. Nah, di sinilah modal ventura hadir untuk membantu para pengusaha baru sebagai mitra dalam penyediaan dana.

2.      Modal ventura turut membantu mengembangkan usaha-usaha baru. Dalam memberikan suntikan dana, modal ventura tidak hanya sebagai pemberi modal saja. Ia juga berperan sebagai partner yang dapat membantu dalam mengembangkan ide dan inovasi, yang dapat meningkatkan keberhasilan kegiatan usaha.

www.studiolegalecoscia.it

3.      Modal ventura dapat membantu memasarkan produk secara lebih efisien. Hal ini terkait dengan banyaknya masalah yang dihadapi perusahaan rintisan di bidang pemasaran, yang timbul karena keterbatasan dana. Namun dengan adanya suntikan dana dari modal ventura, diharapkan kegiatan pemasaran menjadi lebih lancar, yang pada gilirannya dapat meningkatkan citra dan kredibilitas perusahaan.

4.      Modal ventura dapat membantu perusahaan rintisan dalam hal likuiditas. Perusahaan rintisan kini dapat terbantu melunasi kewajiban lancarnya tanpa menimbulkan kerugian yang mungkin akan timbul di dalam perusahaan tersebut. Risiko likuiditas umumnya timbul karena perusahaan tidak memiliki cukup kas tunai ataupun sejenisnya dalam memenuhi kewajiban lancarnya. Namun dengan adanya tambahan dana dari modal ventura, diharapkan terjadinya risiko likuditas dapat diminimalsir.

 

Cara Mendapatkan Modal Ventura

Ada banyak cara dan langkah yang bisa dilakukan perusahaan rintisan untuk bisa memperoleh suntikan dana modal ventura. Beberapa langkah tersebut antara lain sebagai berikut.

1.      Ikut Serta Dalam Pameran UMKM

Salah satu cara memperkenalkan bisnis rintisan adalah dengan ikut serta dalam pameran UMKM. Umumnya, pameran-pameran tersebut akan dihadiri oleh para investor yang sedang mencari perusahaan rintisan. Di sinilah pebisnis diberi kesempatan untuk mempresentasikan usaha mereka sehingga mampu mencuri perhatian para investor agar mau mendanai usaha tersebut.

www.inventiva.co.in

2.      Mengajukan Rencana Bisnis

Ketika investor mulai tertarik dengan model bisnis usahamu, langkah berikutnya adalah mengajukan rencana bisnis. Rencana bisnis merupakan hal yang sangat penting dalam meyakinkan para investor. Dalam rencana bisnis tersebut dijelaskan mengenai strategi bisnis, estimasi biaya, proyeksi laba, dan sebagainya. Buatlah rencana bisnis dengan baik dan sederhana, tunjukkan data akurat dan lengkap agar lebih mudah dipahami oleh investor.

3.      Mengikuti Uji Kelayakan

Ketika rencana bisnis sudah dianggap wajar, tahap berikutnya adalah uji kelayakan. Pada tahap ini investor mulai melihat jalannya bisnis perusahaan dan mengajukan banyak pertanyaan guna mengevaluasi bisnis tersebut. Jika investor merasa bahwa bisnis tersebut layak didanai, maka mereka akan segera memberikan keputusan terkait aktivitas pendanaan.

fullscale.io

4.      Menandatangani Perjanjian dan Kerjasama

Jika tahap uji kelayakan sudah berhasil dilalui dengan baik, maka perusahaan rintisan hampir dapat dipastikan akan menerima suntikan dana. Dan jika investor setuju untuk mendanai bisnis rintisan, tahap berikutnya adalah menandatangani perjanjian kerjasama. Pemilik bisnis dan investor akan menyelesaikan segala urusan administrasi terkait penyaluran dana. Segera setelah itu, dana pun akan dikirimkan ke rekening perusahaan untuk menunjang pengembangan bisnis.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencari Saham Murah Menggunakan Margin of Safety

Oleh: Cepy Suherman Tahukah kamu, Warren Buffet pernah berkata bahwa ada tiga kata yang paling penting dalam investasi. Tiga kata tersebut yaitu “ Margin of Safety” . Menurutnya, kata-kata (konsep) tersebut sangatlah penting bagi siapapun yang ingin meraih kesuksesan di pasar modal. tradebrains.in Bagi para value investor , margin of safety menjadi semacam strategi investasi yang wajib dipahami dan dikuasai. Dengan strategi ini, mereka bisa memperoleh saham bagus dengan harga murah, untuk kemudian dijual kembali pada harga yang lebih tinggi. Penasaran dengan strategi investasi yang satu ini? Yuk, kita simak penjelasan berikut ini. Mengenal Margin of Safety Dalam ilmu investasi, margin of safety (MOS) sebenarnya menggambarkan selisih antara harga saham ( market value ) dengan nilai intrinsik ( intrinsic value ) saham tersebut. Margin of safety atau biasa disebut juga dengan “margin pengaman” atau “batas aman” ini, adalah konsep yang dipopulerkan oleh Benjamin

Efficient Market Hypothesis: Sebuah Teori dalam Memahami Perilaku Pasar Modal

Oleh: Cepy Suherman Mempelajari pasar modal, tentu tidak akan lepas dari berbagai macam konsep dan teori yang terus dikembangkan. Salah satu “penemuan” terbesar di bidang keuangan (khususnya pasar modal) yaitu dikemukakannya sebuah hipotesis tentang pasar yang efisien ( Efficient Market Hypothesis ). Apakah kamu pernah mendengar hipotesis ini? tradebrains.in Dari sekian banyak teori keuangan, hipotesis pasar efisien dianggap sebagai salah satu teori paling penting yang wajib diketahui semua pelaku pasar modal. Konsepnya yang menarik, telah menjadikan teori ini mendapatkan perhatian yang luar biasa dan terus-menerus diuji di hampir seluruh pasar modal di dunia hingga sekarang. Penasaran, seperti apa hipotesis ini? Yuk kita simak penjelasan berikut ini. Mengenal Efficient Market Hypothesis (EMH) Efficient Market Hypothesis (EMH) pertama kali dikembangkan dari sebuah disertasi seorang ahli keuangan bernama Eugene Fama pada 1960-an, yang kemudian diperkenalkan sec

Penerapan Ekonometrika Keuangan dalam Aktivitas Trading di Pasar Modal

Oleh: Cepy Suherman Sebelum melakukan trading, para trader umumnya melakukan analisis terhadap surat berharga (efek) yang akan mereka beli, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Dalam analisis kualitatif, para trader akan mengamati model bisnis suatu perusahaan, manajemen, keunggulan kompetitif, corporate governance , regulasi, hingga pertumbuhan industri. Di sisi lain, analisis kuantitatif dilakukan dengan memeriksa laporan keuangan perusahaan. Melalui laporan keuangan ini akan diketahui mengenai nilai aset, kewajiban, kepemilikan modal, hingga proyeksi laba di masa yang akan datang. londontradinginstitute.com Salah satu metode kuantitatif yang cukup banyak dipakai dalam trading saham yaitu melalui Pemodelan Ekonometrika ( econometric modeling ). Salah satu kelebihan metode ekonometrika ini yaitu kemampuannya untuk melakukan peramalan ( forecasting ) dengan derajat probabilitas tertentu. Dalam kondisi yang penuh dengan ketidakpastian, peramalan melalui meto

Pasar Modal: Alternatif Pendanaan Modal Perusahaan

Oleh: Cepy Suherman Setiap pemilik perusahaan tentu ingin perusahaannya bisa tumbuh besar dan menguntungkan. Namun hal ini tidaklah mudah. Selain strategi dan kerja keras, tak jarang dibutuhkan pula tambahan modal yang mesti disiapkan untuk mencapai tujuan tersebut. www.iexpats.com Untuk bisa berekspansi, perusahaan dapat mengandalkan tiga alternatif sumber pendanaan. Pertama , menggunakan pendanaan internal. Sumber pendanaan ini berasal dari dalam perusahaan. Contohnya adalah laba ditahan ( retained earning ). Laba ditahan adalah bagian laba perusahaan yang tidak dibagikan kepada para pemegang saham. Besarnya laba ditahan ini tergantung jumlah laba yang diperoleh perusahaan pada periode tertentu serta ditentukan pula oleh hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) mengenai seberapa besar bagian keuntungan yang akan dibagikan. Kedua , mengajukan pinjaman ke bank. Pendanaan seperti ini biasanya disebut dengan debt financing (utang). Dana atau modal yang diperoleh dari bank

Mengenal Trading Indicator Jepang Ichimoku Kinko Hyo

Oleh: Cepy Suherman Saat mendengar istilah “ Ichimoku Kinko Hyo ”, kamu pasti akan mengasosiasikannya dengan negara Jepang. Yup, istilah ini memang diambil dari bahasa Jepang yang merupakan gabungan dari kata “ Ichimoku ” yang artinya sekilas, “ Kinko ” yang berarti keseimbangan, dan “ Hyo ” yang berarti grafik. Jadi secara sederhana Ichimoku Kinko Hyo dapat diartikan sebagai grafik yang menggambarkan keseimbangan sekilas ( equilibrium at a glance ). Pinterest Ichimoku merupakan salah satu trading indicator yang banyak digunakan para trader maupun investor. Indikator ini pertama kali dikembangkan oleh seorang jurnalis asal Jepang bernama Goichi Hosada pada 1936. Dibutuhkan waktu 20 tahun bagi Goichi Hosada untuk mengembangkan dan menguji indikator ini hingga akhirnya baru dirilis pada 1969 saat ia menulis sebuah buku. videosde.eu Pada awal kemunculannya, Ichimoku hanya digunakan oleh para trader di kawasan Asia. Mereka menggunakan indikator ini dalam

Mengukur Kinerja Reksadana dengan Indikator Kuantitatif

Oleh: Cepy Suherman Setiap orang tentu ingin memperoleh keuntungan saat berinvestasi di reksadana. Untuk mencapai hal tersebut, seorang investor biasanya akan mengamati dan melakukan review atas produk-produk reksadana yang akan mereka beli. Cara paling gampang yaitu dengan menilai reksadana berdasarkan tingkat keuntungan ( return ) dengan melihat grafik perkembangan Nilai Aktiva Bersih dari waktu ke waktu. i.ytimg.com Sebenarnya ada banyak cara untuk mengukur kinerja suatu produk reksadana. Salah satunya melalui pendekatan kuantitatif dengan bermacam indikator. Penggunaan indikator ini dapat membantu investor untuk mencari produk-produk reksadana yang dapat menghasilkan return yang optimal dengan risiko yang terukur. Dan investor tentunya menginginkan memiliki produk reksadana yang menghasilkan return tinggi dengan risiko rendah. Menilai kinerja reksadana hanya dari tingkat keuntungannya saja memang memiliki banyak kelemahan. Untuk itu diperlukan beberapa indi

Modern Portfolio Theory: Panduan dalam Diversifikasi Investasi

Oleh: Cepy Suherman “ Don’t put all your eggs in one basket ” Kamu tentu pernah mendengar pepatah di atas. Dalam dunia investasi, hal ini berarti bahwa sebaiknya kamu tidak menempatkan semua modalmu dalam satu instrumen saja. Karena jika “keranjang” itu jatuh, maka “telur-telurmu” pun akan pecah semua. Tidak semua orang berani menghadapi risiko tinggi saat berinvestasi. Untuk memperoleh hasil optimal dengan risiko yang minimal, salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan diversifikasi. Caranya yaitu dengan menempatkan aset-aset ke berbagai instrumen investasi. live.staticflickr.com Banyak investor pemula yang belum sadar pentingnya melakukan diversifikasi. Padahal strategi ini dapat membantu kita dalam meminimalisir risiko, sekaligus mencapai hasil yang diharapkan. Untuk itu, melalui penjelasan berikut ini kita akan mencari tahu seberapa penting melakukan diversifikasi dalam aktivitas investasi. Pentingnya Diversifikasi Secara se

Mengenal John Maynard Keynes: Sang Bapak Makroekonomi Modern

Oleh: Cepy Suherman Bagi kamu yang kuliah di Fakultas Ekonomi (atau tertarik dengan ilmu ekonomi) mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama tokoh yang satu ini. Yup, dia adalah John Maynard Keynes . Pria yang dinobatkan sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh abad ke-20 versi Majalah Times ini, merupakan salah satu ekonom yang sangat penulis kagumi sejak lama.  The School of Life YouTube Channel Kehebatan Keynes dalam bidang teori ekonomi, terutama makroekonomi , sudah diakui oleh banyak orang. Pemikirannya telah mempengaruhi, bahkan mengubah berbagai kebijakan ekonomi di banyak negara. Atas prestasinya ini wajar saja jika Majalah The Economist menganggap Keynes sebagai Ekonom Terbesar Inggris abad ke-20. Penarasan siapa John Maynard Keynes sebenarnya? Yuk, simak penjelasan berikut. Siapa itu John Maynard Keynes? John Maynard Keynes lahir pada 5 Juni 1883 di Cambridge, Inggris. Ia merupakan putra dari John Neville Keynes , seorang dosen filsafat dan ekonom