Langsung ke konten utama

Mengenal Sertifikasi Pasar Modal


Oleh: Cepy Suherman

 

Berkarir di pasar modal saat ini menjadi salah satu pilihan yang sangat menjanjikan. Apalagi dalam dua dekade terakhir, pasar modal di Indonesia semakin terus berkembang, sehingga memerlukan orang-orang yang memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang ini.

Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jumlah investor pasar modal sudah mencapai 8 juta per awal April 2022. Jumlah tersebut sudah termasuk investor saham, reksadana, dan Surat Berharga Negara (SBN). Namun demikian jumlah pemegang sertifikasi profesi yang ada di pasar modal masih minim dibandingkan jumlah investor yang ada.


pbs.twimg.com

Kebutuhan akan tenaga kerja di industri pasar modal masih sangat tinggi. Hal tersebut tentunya menjadi peluang bagi kamu yang hendak berkarir di pasar modal. Namun untuk bisa berkarir di pasar modal tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Salah satunya yaitu harus adanya izin perorangan bagi para pelaku perorangan yang menjalankan profesi bidang pasar modal di Indonesia.

Bagi kamu yang ingin berkarir di pasar modal, diperlukan tidak hanya keahlian teknis, namun juga lisensi yang diperoleh melalui program sertifikasi pasar modal. Dengan memiliki sertifikasi profesi, menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang kompeten dan ahli di bidang pasar modal. Sertifikasi ini dapat kamu gunakan untuk masuk ke dunia pasar modal.

Sebenarnya sertifikasi pasar modal tidak hanya terbatas bagi seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang ekonomi dan keuangan. Semua orang dari berbagai kalangan bisa mengikuti program sertifikasi ini.


awsimages.detik.net.id

Profesi pasar modal menawarkan karir yang menjanjikan. Sertifikasi profesi pasar modal sendiri memiliki beberapa pilihan yang bisa kamu ikuti. Dikutip dari laman The Indonesia Capital Market Institute (TICMI), berikut adalah beberapa jenis sertifikasi pasar modal.

1.       Wakil Perantara Pedagang Efek

Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE) adalah orang perseorangan yang bertindak mewakili kepentingan Perusahaan Efek yang melakukan kegiatan usaha sebagai perantara pedagang Efek. Efek yang diperjualbelikan dapat berupa surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, Unit Penyertaan Kontrak Investasi Kolektif, kontrak berjangka atas Efek, dan setiap derivatif dari Efek.




Pihak-pihak yang diwajibkan memiliki izin WPPE antara lain:

a.      Direktur yang bertanggung jawab atas kegiatan keperantaraan perdagangan Efek,

b.      Pegawai yang melakukan kegiatan pemasaran,

c.      Pegawai yang melakukan kegiatan manajemen risiko,

d.      Pegawai yang melakukan kegiatan sebagai pejabat yang membawahkan fungsi kepatuhan dan/atau audit internal, dan

e.      Pegawai yang melakukan kegiatan sebagai pejabat yang membawahkan fungsi analisis/riset perdagangan Efek,

dari perusahaan Efek yang memiliki izin usaha untuk melakukan kegiatan usaha sebagai WPPE.

Berdasarkan POJK 22/POJK.04/2016 tentang Segmentasi Perizinan Wakil Perantara Pedagang Efek, WPPE dibagi menjadi :

a.      Wakil Perantara Pedagang Efek adalah orang perseorangan yang bertindak mewakili kepentingan Perusahaan Efek yang melakukan kegiatan usaha sebagai Perantara Pedagang Efek.

b.      Wakil Perantara Pedagang Efek Pemasaran adalah orang perseorangan yang bertindak mewakili kepentingan Perusahaan Efek yang melakukan kegiatan usaha sebagai Perantara Pedagang Efek, yang khusus melakukan fungsi pemasaran.

c.      Wakil Perantara Pedagang Efek Pemasaran Terbatas adalah orang perseorangan yang bertindak mewakili kepentingan Perusahaan Efek yang melakukan kegiatan usaha sebagai Perantara Pedagang Efek, yang khusus melakukan fungsi pemasaran secara terbatas.

 

i.ytimg.com

Untuk bisa lulus ujian lisensi WPPE, kamu harus menguasai materi tentang:

a.       Mekanisme Perdagangan Efek,

b.       Pengetahuan Tentang Efek,

c.       Analisis Ekonomi, Keuangan Perusahaan, dan Investasi, serta

d.       Hukum dan Etika WPPE.

 

2.       Wakil Manajer Investasi

Manajer Investasi adalah Pihak yang kegiatan usahanya mengelola Portofolio Efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan. 


sikapiuangmu.ojk.go.id

Sementara Wakil Manajer Investasi (WMI) adalah orang perseorangan yang bertindak mewakili kepentingan Perusahaan Efek yang melakukan kegiatan usaha sebagai Manajer Investasi. Wakil Manajer Investasi wajib memiliki izin Wakil Manajer Investasi dari Otoritas Jasa Keuangan.

Manajer Investasi bertugas mengelola dana nasabah di pasar keuangan dan di pasar modal. Di dalam Manajer Investasi sendiri terdapat beberapa tim yang memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda, antara lain:

a.      Portfolio Manager, bertanggung jawab atas alokasi dana dalam setiap instrumen yang diinvestasikan.

b.      Equity Fund Manager, bertanggung jawab atas pengelolaan dana yang diinvestasikan dalam instrumen bersifat ekuitas/saham.

c.      Fix Income Fund Manager, bertanggung jawab atas pengelolaan dana yang diinvestasikan dalam instrumen yang bersifat pendapatan tetap.  

theinvestorsbook.com


Dalam sebuah perusahaan Manajer Investasi, terdapat 8 profesi atau divisi dengan fungsi yang berbeda-beda, antara lain:

a.      Profesi yang menjalankan fungsi investasi dan riset,

b.      Profesi yang menjalankan fungsi perdagangan,

c.      Fungsi penyelesaian transaksi Efek (settlement),

d.      Fungsi manajemen risiko, kepatuhan, dan audit internal (compliance),

e.      Fungsi pemasaran dan penanganan nasabah (marketing),

f.       Fungsi teknologi informasi,

g.      Fungsi akuntansi dan keuangan, dan

h.      Fungsi pengembangan sumber daya manusia.


www.bigbrothersinvestment.com


Untuk bisa lulus ujian lisensi Wakil Manajer Investasi, kamu harus menguasai materi tentang:

a.       Teori Ekonomi,

b.       Analisis Kuantitatif,

c.       Analisis Laporan Keuangan Perusahaan,

d.       Analisis Ekuitas,

e.       Analisis Pendapatan Tetap,

f.        Manajemen Portofolio,

g.       Hukum dan Etika WMI, dan

h.       Aplikasi Praktis.

 

3.       Wakil Penjamin Emisi Efek

Sebelum membahas mengenai Wakil Penjamin Emisi Efek, ada baiknya kamu mengetahui mengenai apa itu Penjamin Emisi Efek. Penjamin Emisi Efek (PEE) adalah pihak yang membuat kontrak dengan emiten untuk melakukan penawaran umum bagi kepentingan emiten dengan atau tanpa kewajiban untuk membeli sisa Efek yang tidak terjual.


www.sahamok.net

Sementara itu Wakil Penjamin Emisi Efek yang selanjutnya disingkat WPEE adalah orang perseorangan yang bertindak mewakili kepentingan perusahaan Efek yang melakukan kegiatan usaha sebagai Penjamin Emisi Efek.

Setiap seseorang yang ingin menjadi WPEE wajib memiliki izin WPEE dari Otoritas Jasa Keuangan. Kewajiban untuk memiliki izin WPEE berlaku bagi:

a.      Direktur yang bertanggung jawab atas kegiatan penjaminan emisi Efek,

b.      Pegawai yang bertanggung jawab atas kegiatan penjaminan emisi Efek, dan

c.      Pegawai dengan posisi jabatan di bawah Direktur, yang membawahkan unit yang bertanggung jawab atas kegiatan penjaminan emisi Efek,

dari Perusahaan Efek yang memiliki izin usaha untuk melakukan kegiatan usaha sebagai Penjamin Emisi Efek.

Seseorang yang memiliki lisensi WPEE memiliki peran untuk membantu emiten atau calon emiten dalam proses penawaran umum dan terbatas. Selain itu, ia juga berperan dalam kegiatan pemasaran agar penawaran umum dapat berjalan dengan sukses. Dalam proses IPO (Initial Public Offering), Pelaksana Penjamin Emisi memiliki tugas antara lain:

a.      membantu emiten dalam mempersiapkan kelengkapan dokumen,

b.      mengkoordinir lembaga-lembaga dan profesi penunjang pasar modal,

c.      membentuk sindikasi penjamin emisi,

d.      melakukan valuasi saham untuk penentuan harga perdana,

e.      mengkoordinir proses bookbuilding, dan

f.       membuat laporan riset yang memuat kinerja emiten pada saat dan setelah IPO.


TICMI

 

Untuk bisa lulus ujian lisensi Wakil Penjamin Emisi Efek, kamu harus menguasai materi tentang:

a.       Mekanisme Perdagangan Efek,

b.       Teori Ekonomi,

c.       Analisis Laporan Keuangan Perusahaan,

d.       Corporate Finance,

e.       Valuasi saham,

f.        Hukum dan Etika WPEE, dan

g.       Aplikasi praktis.

 

4.       Ahli Syariah Pasar Modal

Pasar modal syariah adalah kegiatan di pasar modal yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip Islam (syariah). Secara umum pasar ini tidak memiliki perbedaan dengan pasar modal konvensional. Hanya saja ada beberapa karakteristik khusus yang ada pada pasar modal syariah namun tidak ada dalam pasar modal konvensional, khususnya terkait produk dan mekanisme transaksi yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah. 


pasarmodalsyariah.id

Prospek pasar modal syariah sangatlah menjanjikan. Apalagi Indonesia memiliki jumlah penduduk muslim yang besar, sehingga sangat potensial untuk dikembangkan. Namun untuk berkarir di pasar modal syariah, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya memiliki lisensi Ahli Syariah Pasar Modal.

Ahli Syariah Pasar Modal (ASPM) adalah orang perseorangan yang bertugas untuk memberikan nasihat dan/atau mengawasi pelaksanaan penerapan prinsip syariah di pasar modal dalam kegiatan usaha perusahaan dan/atau memberikan pernyataan kesesuaian syariah atas produk atau jasa syariah di pasar modal.


i.ytimg.com

Ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi untuk bisa mendapatkan lisensi ASPM, salah satunya yaitu wajib memiliki sertifikasi kompetensi yang masih berlaku yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di bidang pasar modal.

Dikutip dari obligasi.co.id, ASPM memiliki tugas sebagai berikut:

a.      Memberikan nasihat dan saran kepada direksi dan dewan komisaris atau organ lain yang setara dari pihak yang melakukan Kegiatan Syariah di Pasar Modal mengenai hal yang berkaitan dengan Prinsip Syariah di Pasar Modal;

b.      Mengawasi pemenuhan penerapan Prinsip Syariah di Pasar Modal oleh pihak yang melakukan Kegiatan Syariah di Pasar Modal;

c.      Melakukan penelaahan secara berkala atas penerapan Prinsip Syariah di Pasar Modal oleh pihak yang melakukan Kegiatan Syariah di Pasar Modal;

d.      Memberikan peringatan tertulis dan meminta direksi atau organ lain yang setara dari pihak yang melakukan Kegiatan Syariah di Pasar Modal untuk melakukan upaya perbaikan, paling lama 2 (dua) hari kerja setelah ditemukannya penyimpangan, dengan tembusan kepada Otoritas Jasa Keuangandan dewan komisaris atau organ lain yang setara dari pihak yang melakukan Kegiatan Syariah di Pasar Modal;

e.      Menjaga kerahasiaan dokumen, data, dan informasi pihak yang melakukan Kegiatan Syariah di Pasar Modal yang diawasi dan diberi nasihat;

f.       Meminta data dan informasi kepada  pihak yang melakukan Kegiatan Syariah di Pasar Modal  dalam rangka pengawasan pelaksanaan penerapan Prinsip Syariah di Pasar Modal;

g.      Mendampingi atau mewakili  pihak yang melakukan Kegiatan Syariah di Pasar Modal dalam berdiskusi dengan Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia; dan

h.      Memberikan pernyataan kesesuaian syariah terhadap Prinsip Syariah di Pasar Modal atas produk atau jasa syariah di pasar modal. 

Materi yang harus dikuasai untuk memperoleh lisensi ASPM meliputi 3 bidang, yaitu pasar modal konvensional, pasar modal syariah, dan syariah muamalah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencari Saham Murah Menggunakan Margin of Safety

Oleh: Cepy Suherman Tahukah kamu, Warren Buffet pernah berkata bahwa ada tiga kata yang paling penting dalam investasi. Tiga kata tersebut yaitu “ Margin of Safety” . Menurutnya, kata-kata (konsep) tersebut sangatlah penting bagi siapapun yang ingin meraih kesuksesan di pasar modal. tradebrains.in Bagi para value investor , margin of safety menjadi semacam strategi investasi yang wajib dipahami dan dikuasai. Dengan strategi ini, mereka bisa memperoleh saham bagus dengan harga murah, untuk kemudian dijual kembali pada harga yang lebih tinggi. Penasaran dengan strategi investasi yang satu ini? Yuk, kita simak penjelasan berikut ini. Mengenal Margin of Safety Dalam ilmu investasi, margin of safety (MOS) sebenarnya menggambarkan selisih antara harga saham ( market value ) dengan nilai intrinsik ( intrinsic value ) saham tersebut. Margin of safety atau biasa disebut juga dengan “margin pengaman” atau “batas aman” ini, adalah konsep yang dipopulerkan oleh Benjamin

Efficient Market Hypothesis: Sebuah Teori dalam Memahami Perilaku Pasar Modal

Oleh: Cepy Suherman Mempelajari pasar modal, tentu tidak akan lepas dari berbagai macam konsep dan teori yang terus dikembangkan. Salah satu “penemuan” terbesar di bidang keuangan (khususnya pasar modal) yaitu dikemukakannya sebuah hipotesis tentang pasar yang efisien ( Efficient Market Hypothesis ). Apakah kamu pernah mendengar hipotesis ini? tradebrains.in Dari sekian banyak teori keuangan, hipotesis pasar efisien dianggap sebagai salah satu teori paling penting yang wajib diketahui semua pelaku pasar modal. Konsepnya yang menarik, telah menjadikan teori ini mendapatkan perhatian yang luar biasa dan terus-menerus diuji di hampir seluruh pasar modal di dunia hingga sekarang. Penasaran, seperti apa hipotesis ini? Yuk kita simak penjelasan berikut ini. Mengenal Efficient Market Hypothesis (EMH) Efficient Market Hypothesis (EMH) pertama kali dikembangkan dari sebuah disertasi seorang ahli keuangan bernama Eugene Fama pada 1960-an, yang kemudian diperkenalkan sec

Penerapan Ekonometrika Keuangan dalam Aktivitas Trading di Pasar Modal

Oleh: Cepy Suherman Sebelum melakukan trading, para trader umumnya melakukan analisis terhadap surat berharga (efek) yang akan mereka beli, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Dalam analisis kualitatif, para trader akan mengamati model bisnis suatu perusahaan, manajemen, keunggulan kompetitif, corporate governance , regulasi, hingga pertumbuhan industri. Di sisi lain, analisis kuantitatif dilakukan dengan memeriksa laporan keuangan perusahaan. Melalui laporan keuangan ini akan diketahui mengenai nilai aset, kewajiban, kepemilikan modal, hingga proyeksi laba di masa yang akan datang. londontradinginstitute.com Salah satu metode kuantitatif yang cukup banyak dipakai dalam trading saham yaitu melalui Pemodelan Ekonometrika ( econometric modeling ). Salah satu kelebihan metode ekonometrika ini yaitu kemampuannya untuk melakukan peramalan ( forecasting ) dengan derajat probabilitas tertentu. Dalam kondisi yang penuh dengan ketidakpastian, peramalan melalui meto

Pasar Modal: Alternatif Pendanaan Modal Perusahaan

Oleh: Cepy Suherman Setiap pemilik perusahaan tentu ingin perusahaannya bisa tumbuh besar dan menguntungkan. Namun hal ini tidaklah mudah. Selain strategi dan kerja keras, tak jarang dibutuhkan pula tambahan modal yang mesti disiapkan untuk mencapai tujuan tersebut. www.iexpats.com Untuk bisa berekspansi, perusahaan dapat mengandalkan tiga alternatif sumber pendanaan. Pertama , menggunakan pendanaan internal. Sumber pendanaan ini berasal dari dalam perusahaan. Contohnya adalah laba ditahan ( retained earning ). Laba ditahan adalah bagian laba perusahaan yang tidak dibagikan kepada para pemegang saham. Besarnya laba ditahan ini tergantung jumlah laba yang diperoleh perusahaan pada periode tertentu serta ditentukan pula oleh hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) mengenai seberapa besar bagian keuntungan yang akan dibagikan. Kedua , mengajukan pinjaman ke bank. Pendanaan seperti ini biasanya disebut dengan debt financing (utang). Dana atau modal yang diperoleh dari bank

Mengenal Trading Indicator Jepang Ichimoku Kinko Hyo

Oleh: Cepy Suherman Saat mendengar istilah “ Ichimoku Kinko Hyo ”, kamu pasti akan mengasosiasikannya dengan negara Jepang. Yup, istilah ini memang diambil dari bahasa Jepang yang merupakan gabungan dari kata “ Ichimoku ” yang artinya sekilas, “ Kinko ” yang berarti keseimbangan, dan “ Hyo ” yang berarti grafik. Jadi secara sederhana Ichimoku Kinko Hyo dapat diartikan sebagai grafik yang menggambarkan keseimbangan sekilas ( equilibrium at a glance ). Pinterest Ichimoku merupakan salah satu trading indicator yang banyak digunakan para trader maupun investor. Indikator ini pertama kali dikembangkan oleh seorang jurnalis asal Jepang bernama Goichi Hosada pada 1936. Dibutuhkan waktu 20 tahun bagi Goichi Hosada untuk mengembangkan dan menguji indikator ini hingga akhirnya baru dirilis pada 1969 saat ia menulis sebuah buku. videosde.eu Pada awal kemunculannya, Ichimoku hanya digunakan oleh para trader di kawasan Asia. Mereka menggunakan indikator ini dalam

Mengukur Kinerja Reksadana dengan Indikator Kuantitatif

Oleh: Cepy Suherman Setiap orang tentu ingin memperoleh keuntungan saat berinvestasi di reksadana. Untuk mencapai hal tersebut, seorang investor biasanya akan mengamati dan melakukan review atas produk-produk reksadana yang akan mereka beli. Cara paling gampang yaitu dengan menilai reksadana berdasarkan tingkat keuntungan ( return ) dengan melihat grafik perkembangan Nilai Aktiva Bersih dari waktu ke waktu. i.ytimg.com Sebenarnya ada banyak cara untuk mengukur kinerja suatu produk reksadana. Salah satunya melalui pendekatan kuantitatif dengan bermacam indikator. Penggunaan indikator ini dapat membantu investor untuk mencari produk-produk reksadana yang dapat menghasilkan return yang optimal dengan risiko yang terukur. Dan investor tentunya menginginkan memiliki produk reksadana yang menghasilkan return tinggi dengan risiko rendah. Menilai kinerja reksadana hanya dari tingkat keuntungannya saja memang memiliki banyak kelemahan. Untuk itu diperlukan beberapa indi

Modern Portfolio Theory: Panduan dalam Diversifikasi Investasi

Oleh: Cepy Suherman “ Don’t put all your eggs in one basket ” Kamu tentu pernah mendengar pepatah di atas. Dalam dunia investasi, hal ini berarti bahwa sebaiknya kamu tidak menempatkan semua modalmu dalam satu instrumen saja. Karena jika “keranjang” itu jatuh, maka “telur-telurmu” pun akan pecah semua. Tidak semua orang berani menghadapi risiko tinggi saat berinvestasi. Untuk memperoleh hasil optimal dengan risiko yang minimal, salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan diversifikasi. Caranya yaitu dengan menempatkan aset-aset ke berbagai instrumen investasi. live.staticflickr.com Banyak investor pemula yang belum sadar pentingnya melakukan diversifikasi. Padahal strategi ini dapat membantu kita dalam meminimalisir risiko, sekaligus mencapai hasil yang diharapkan. Untuk itu, melalui penjelasan berikut ini kita akan mencari tahu seberapa penting melakukan diversifikasi dalam aktivitas investasi. Pentingnya Diversifikasi Secara se

Mengenal John Maynard Keynes: Sang Bapak Makroekonomi Modern

Oleh: Cepy Suherman Bagi kamu yang kuliah di Fakultas Ekonomi (atau tertarik dengan ilmu ekonomi) mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama tokoh yang satu ini. Yup, dia adalah John Maynard Keynes . Pria yang dinobatkan sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh abad ke-20 versi Majalah Times ini, merupakan salah satu ekonom yang sangat penulis kagumi sejak lama.  The School of Life YouTube Channel Kehebatan Keynes dalam bidang teori ekonomi, terutama makroekonomi , sudah diakui oleh banyak orang. Pemikirannya telah mempengaruhi, bahkan mengubah berbagai kebijakan ekonomi di banyak negara. Atas prestasinya ini wajar saja jika Majalah The Economist menganggap Keynes sebagai Ekonom Terbesar Inggris abad ke-20. Penarasan siapa John Maynard Keynes sebenarnya? Yuk, simak penjelasan berikut. Siapa itu John Maynard Keynes? John Maynard Keynes lahir pada 5 Juni 1883 di Cambridge, Inggris. Ia merupakan putra dari John Neville Keynes , seorang dosen filsafat dan ekonom