Langsung ke konten utama

Masih Bingung Trading di Pasar Modal? Pakai Robot Saja!


Oleh: Cepy Suherman

Memperoleh cuan dari trading di pasar modal bisa dibilang gampang-gampang susah. Sudah banyak orang berhasil memperoleh keuntungan dari aktivitas ini. Namun banyak juga orang yang sampai kapok dan tidak mau melakukannya lagi, karena selalu kalah dan menderita kerugian. Apakah kamu termasuk investor yang seperti ini?

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk me-manage portofolio di pasar modal agar bisa menguntungkan, antara lain:
1.       melakukan sendiri riset dan analisis terhadap instrumen di pasar modal,
2.      meminta saran dari penasihat keuangan (financial advisor), dan
3.      menggunakan robot dalam trading di pasar modal.

tickertapecdn.tdameritrade.com

Salah satu cara untuk bisa meraih cuan di pasar modal yaitu dengan menggunakan robot. Cara ini cocok digunakan oleh para trader pemula yang minim pengetahuan dan pengalaman. Selain itu, para profesional yang memiliki sedikit waktu untuk me-manage portofolionya pun dapat menggunakan cara ini. Dengan demikian, pekerjaan untuk melakukan trading dapat dilakukan secara otomatis.

Robot yang kamu gunakan dalam trading tidak seperti robot yang kita kenal secara umum. Robot ini tidak berbentuk fisik, melainkan sebuah program komputer yang dirancang untuk melakukan transaksi secara otomatis sesuai dengan algoritma yang dimasukkan ke program tersebut. Nah, untuk mengetahui lebih jauh seperti apa itu Robot Trading, yuk simak penjelasan berikut ini.

Seperti Apa sih Robot Trading itu?

Robot trading (atau biasa disebut juga Robo-Advisor atau Expert Advisor) adalah sebuah istilah yang merupakan gabungan antara algorithmic stock market research dan automated trading. Robot ini dirancang untuk bekerja sendiri dalam mencari peluang open trade, baik open sell maupun buy di pasar modal. Jadi, tanpa kamu melakukan perintah beli atau jual, robot ini akan mengerjakannya sendiri.

ishanmishra.in

Robot trading dibuat dengan teknik coding tertentu dan dapat bertransaksi secara otomatis dengan algoritma. Robot berbentuk software ini biasanya dirancang untuk mengumpulkan data dan informasi di sektor keuangan, lalu menggunakannya secara otomatis dalam aktivitas trading untuk mencapai tujuan yang diinginkan investor.

Dengan adanya robot, seorang trader tidak perlu memantau pergerakan pasar setiap jam. Semua tugas tersebut kini sudah diambil alih oleh robot. Namun perlu diingat, robot hanyalah sebuah alat. Tingkat keberhasilannya sangat tergantung pada strategi yang dimasukkan ke dalamnya. Strategi tersebut kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman.

doughroller-wpengine.netdna-ssl.com

Hampir semua platform trading kini memiliki fitur robot trading. Saat kamu membuka akun robot trading, terlebih dahulu tentukanlah target investasimu melalui kuesioner online yang telah disediakan. Robot trading kemudian akan mencari informasi serta mengalokasikan dan mendiversifikasikan asetmu sesuai dengan persentase alokasi yang sudah kamu tentukan sebelumnya.        

Keuntungan Menggunakan Robot Trading

Penggunaan robot dalam trading sudah sangat umum dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Selain dinilai lebih efisien, dengan adanya robot kamu tidak perlu lagi memantau secara intens layar komputer untuk mengamati pergerakan saham. Setiap transaksi sudah otomatis dijalankan oleh sistem tersebut.

Ada beberapa alasan yang dapat membuat kamu lebih memilih penggunaan robot dalam aktivitas trading.
1.      Robot Tidak Memiliki Emosi
Emosi merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam trading. Tak jarang seorang investor membuat keputusan trading secara emosional. Dampaknya adalah meskipun analisis sudah bagus dan timing-nya sudah tepat, eksekusi menjadi gagal total akibat investor terlalu terbawa emosi.

http://1.bp.blogspot.com/

Dua bentuk emosi yang dapat menggagalkan seorang trader adalah rasa serakah dan takut/cemas (fear and greed). Banyak trader mudah terpengaruh emosinya saat ada gejolak harga di pasar modal. Ketika mereka menghadapi situasi di mana harga bergerak tidak sesuai dengan keinginan mereka, mereka pun akhirnya melakukan trading secara tidak objektif. Dalam jangka panjang, hal ini justru akan menjadi penghambat kesuksesan seorang trader.

Berbeda halnya dengan robot. Semua eksekusi trading dilakukan dengan sangat konsisten dan disiplin. Tidak ada perasaan seperti: “jualnya nanti saja ah, siapa tau naik lagi”. Eksekusi dilakukan sesuai ide/program, dan bukan “perasaan kita”. Makanya robot trading dalam hal ini dianggap lebih unggul karena bebas emosi.
   
2.     Proses Trading Menjadi Terotomatisasi
Saat kamu membuka akun robot trading, maka semua proses trading akan diambil alih oleh program tersebut. Jadi, kamu tidak perlu lagi terus menerus memantau pergerakan pasar. Dengan adanya robot, kamu masih bisa memperoleh profit bahkan saat kamu sibuk atau tidur sekalipun.

g.foolcdn.com

Robot trading dapat diakses setiap saat selama ada koneksi internet. Bahkan di pasar forex, robot trading ini bekerja 24 jam setiap hari. Jadi, dengan memasang robot di platform trading, kita seolah-olah seperti memiliki asisten pribadi. Menarik, bukan?

3.     Lebih Murah Ketimbang Menyewa Penasihat Keuangan
Kelebihan robot lainnya adalah lebih murah dibandingkan harus menyewa penasihat keuangan. Online platform ini dapat menyediakan layanan yang hampir sama dengan yang disediakan penasihat keuangan (financial advisor), hanya saja biayanya lebih murah.

Secara umum robot trading ini dijual dengan harga yang terjangkau oleh investor ritel. Jika ada biaya tambahan seperti biaya tahunan (annual fee) misalnya, nilainya sekitar 0,2% - 0,5% dari total saldo akun nasabah. Sementara itu biaya jasa penasihat keuangan bisa mencapai 1% - 2% dari total dana kelolaan.

todayspast.net

Berinvestasi dengan robot trading juga bisa dilakukan dengan modal yang kecil. Lain halnya dengan penasihat keuangan yang biasanya lebih senang memberikan advice-nya pada nasabah dengan dana investasi yang besar, sehingga mampu membayar mereka dengan nominal besar pula.

Kelemahan Robot Trading

Robot trading dibuat untuk membantu pekerjaan manusia. Ia hanya sebuah mesin yang berjalan sesuai perintah programer. Program ini tidaklah sempurna, sehingga tentu saja memiliki kekurangan-kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan robot trading.
1.      Ada Biaya Tambahan
Meski dinilai lebih efisien dibanding menyewa penasihat keuangan, penggunaan robot trading tetap memakan biaya lebih tinggi daripada trading manual. Di samping ada biaya untuk membeli robot itu sendiri, kita pun harus secara rutin membayar biaya sewa VPS (Virtual Private Server). Semakin bagus VPS-nya, semakin mahal juga biaya sewanya.

www.seosatu.com

2.     Tidak Dapat Memanfaatkan Kesempatan di Pasar yang Sedang Bergejolak
Saat ada berita “heboh” mengenai suatu perusahaan, biasanya harga saham perusahaan tersebut akan bergerak fluktuatif. Hal ini biasanya dimanfaatkan oleh para scalper untuk memperoleh cuan dalam waktu singkat. Tapi perlu kamu ketahui, bahwa kegiatan tersebut jauh lebih tinggi resikonya dibanding trading pada kondisi pasar normal.

Robot trading tidak dapat memanfaatkan peluang dari kondisi pasar yang bergejolak. Program ini tidak didesain untuk bisa beradaptasi pada situasi tersebut. “Cara berpikir” robot trading didesain secara linear, sehingga tidak bisa “mencuri” kesempatan di situasi seperti itu.

images.squarespace-cdn.com

Kamu juga perlu hati-hati jika kondisi pasar berada di luar kebiasaan. Kamu adalah orang pertama yang harus mengambil alih kontrol. Karena itulah, sebelum menggunakan robot trading, ada baiknya kamu terlebih dahulu memperbanyak pengalaman trading dan terus mengasah ketajaman intuisi dalam mengetahui kapan pasar bergerak di luar kewajaran.

3.     Tidak Semua Broker Mengijinkanmu Menggunakan Robot Trading
Sebuah robot trading bisa mengeksekusi puluhan hingga ratusan transaksi dalam satu waktu. Kemampuan yang luar biasa ini tentu akan membebani server broker. Server bisa mengalami lag atau bahkan freeze akibat terbebani antrian panjang order market.

image.shutterstock.com

Untuk menghindari terjadinya lag pada server, beberapa broker masih melarang penggunaan robot trading pada beberapa tipe akun nasabah tertentu. Namun hal tersebut bisa saja teratasi di masa mendatang dengan adanya kemajuan teknologi di sektor keuangan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan kelebihan dan kekurangan robot trading? Ia bisa membantumu membangun dan me-manage portofoliomu, serta mengembangkannya. Tapi tetap saja robot trading hanyalah sebuah alat, bukan perencana keuangan. Ia tidak bisa menciptakan strategi investasi sendiri, dan masih membutuhkan sentuhan manusia (human touch). Jadi, keberhasilannya ditentukan pula oleh kemahiranmu dalam meramu strategi investasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencari Saham Murah Menggunakan Margin of Safety

Oleh: Cepy Suherman Tahukah kamu, Warren Buffet pernah berkata bahwa ada tiga kata yang paling penting dalam investasi. Tiga kata tersebut yaitu “ Margin of Safety” . Menurutnya, kata-kata (konsep) tersebut sangatlah penting bagi siapapun yang ingin meraih kesuksesan di pasar modal. tradebrains.in Bagi para value investor , margin of safety menjadi semacam strategi investasi yang wajib dipahami dan dikuasai. Dengan strategi ini, mereka bisa memperoleh saham bagus dengan harga murah, untuk kemudian dijual kembali pada harga yang lebih tinggi. Penasaran dengan strategi investasi yang satu ini? Yuk, kita simak penjelasan berikut ini. Mengenal Margin of Safety Dalam ilmu investasi, margin of safety (MOS) sebenarnya menggambarkan selisih antara harga saham ( market value ) dengan nilai intrinsik ( intrinsic value ) saham tersebut. Margin of safety atau biasa disebut juga dengan “margin pengaman” atau “batas aman” ini, adalah konsep yang dipopulerkan oleh Benjamin

Efficient Market Hypothesis: Sebuah Teori dalam Memahami Perilaku Pasar Modal

Oleh: Cepy Suherman Mempelajari pasar modal, tentu tidak akan lepas dari berbagai macam konsep dan teori yang terus dikembangkan. Salah satu “penemuan” terbesar di bidang keuangan (khususnya pasar modal) yaitu dikemukakannya sebuah hipotesis tentang pasar yang efisien ( Efficient Market Hypothesis ). Apakah kamu pernah mendengar hipotesis ini? tradebrains.in Dari sekian banyak teori keuangan, hipotesis pasar efisien dianggap sebagai salah satu teori paling penting yang wajib diketahui semua pelaku pasar modal. Konsepnya yang menarik, telah menjadikan teori ini mendapatkan perhatian yang luar biasa dan terus-menerus diuji di hampir seluruh pasar modal di dunia hingga sekarang. Penasaran, seperti apa hipotesis ini? Yuk kita simak penjelasan berikut ini. Mengenal Efficient Market Hypothesis (EMH) Efficient Market Hypothesis (EMH) pertama kali dikembangkan dari sebuah disertasi seorang ahli keuangan bernama Eugene Fama pada 1960-an, yang kemudian diperkenalkan sec

Penerapan Ekonometrika Keuangan dalam Aktivitas Trading di Pasar Modal

Oleh: Cepy Suherman Sebelum melakukan trading, para trader umumnya melakukan analisis terhadap surat berharga (efek) yang akan mereka beli, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Dalam analisis kualitatif, para trader akan mengamati model bisnis suatu perusahaan, manajemen, keunggulan kompetitif, corporate governance , regulasi, hingga pertumbuhan industri. Di sisi lain, analisis kuantitatif dilakukan dengan memeriksa laporan keuangan perusahaan. Melalui laporan keuangan ini akan diketahui mengenai nilai aset, kewajiban, kepemilikan modal, hingga proyeksi laba di masa yang akan datang. londontradinginstitute.com Salah satu metode kuantitatif yang cukup banyak dipakai dalam trading saham yaitu melalui Pemodelan Ekonometrika ( econometric modeling ). Salah satu kelebihan metode ekonometrika ini yaitu kemampuannya untuk melakukan peramalan ( forecasting ) dengan derajat probabilitas tertentu. Dalam kondisi yang penuh dengan ketidakpastian, peramalan melalui meto

Pasar Modal: Alternatif Pendanaan Modal Perusahaan

Oleh: Cepy Suherman Setiap pemilik perusahaan tentu ingin perusahaannya bisa tumbuh besar dan menguntungkan. Namun hal ini tidaklah mudah. Selain strategi dan kerja keras, tak jarang dibutuhkan pula tambahan modal yang mesti disiapkan untuk mencapai tujuan tersebut. www.iexpats.com Untuk bisa berekspansi, perusahaan dapat mengandalkan tiga alternatif sumber pendanaan. Pertama , menggunakan pendanaan internal. Sumber pendanaan ini berasal dari dalam perusahaan. Contohnya adalah laba ditahan ( retained earning ). Laba ditahan adalah bagian laba perusahaan yang tidak dibagikan kepada para pemegang saham. Besarnya laba ditahan ini tergantung jumlah laba yang diperoleh perusahaan pada periode tertentu serta ditentukan pula oleh hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) mengenai seberapa besar bagian keuntungan yang akan dibagikan. Kedua , mengajukan pinjaman ke bank. Pendanaan seperti ini biasanya disebut dengan debt financing (utang). Dana atau modal yang diperoleh dari bank

Mengenal Trading Indicator Jepang Ichimoku Kinko Hyo

Oleh: Cepy Suherman Saat mendengar istilah “ Ichimoku Kinko Hyo ”, kamu pasti akan mengasosiasikannya dengan negara Jepang. Yup, istilah ini memang diambil dari bahasa Jepang yang merupakan gabungan dari kata “ Ichimoku ” yang artinya sekilas, “ Kinko ” yang berarti keseimbangan, dan “ Hyo ” yang berarti grafik. Jadi secara sederhana Ichimoku Kinko Hyo dapat diartikan sebagai grafik yang menggambarkan keseimbangan sekilas ( equilibrium at a glance ). Pinterest Ichimoku merupakan salah satu trading indicator yang banyak digunakan para trader maupun investor. Indikator ini pertama kali dikembangkan oleh seorang jurnalis asal Jepang bernama Goichi Hosada pada 1936. Dibutuhkan waktu 20 tahun bagi Goichi Hosada untuk mengembangkan dan menguji indikator ini hingga akhirnya baru dirilis pada 1969 saat ia menulis sebuah buku. videosde.eu Pada awal kemunculannya, Ichimoku hanya digunakan oleh para trader di kawasan Asia. Mereka menggunakan indikator ini dalam

Mengukur Kinerja Reksadana dengan Indikator Kuantitatif

Oleh: Cepy Suherman Setiap orang tentu ingin memperoleh keuntungan saat berinvestasi di reksadana. Untuk mencapai hal tersebut, seorang investor biasanya akan mengamati dan melakukan review atas produk-produk reksadana yang akan mereka beli. Cara paling gampang yaitu dengan menilai reksadana berdasarkan tingkat keuntungan ( return ) dengan melihat grafik perkembangan Nilai Aktiva Bersih dari waktu ke waktu. i.ytimg.com Sebenarnya ada banyak cara untuk mengukur kinerja suatu produk reksadana. Salah satunya melalui pendekatan kuantitatif dengan bermacam indikator. Penggunaan indikator ini dapat membantu investor untuk mencari produk-produk reksadana yang dapat menghasilkan return yang optimal dengan risiko yang terukur. Dan investor tentunya menginginkan memiliki produk reksadana yang menghasilkan return tinggi dengan risiko rendah. Menilai kinerja reksadana hanya dari tingkat keuntungannya saja memang memiliki banyak kelemahan. Untuk itu diperlukan beberapa indi

Modern Portfolio Theory: Panduan dalam Diversifikasi Investasi

Oleh: Cepy Suherman “ Don’t put all your eggs in one basket ” Kamu tentu pernah mendengar pepatah di atas. Dalam dunia investasi, hal ini berarti bahwa sebaiknya kamu tidak menempatkan semua modalmu dalam satu instrumen saja. Karena jika “keranjang” itu jatuh, maka “telur-telurmu” pun akan pecah semua. Tidak semua orang berani menghadapi risiko tinggi saat berinvestasi. Untuk memperoleh hasil optimal dengan risiko yang minimal, salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan diversifikasi. Caranya yaitu dengan menempatkan aset-aset ke berbagai instrumen investasi. live.staticflickr.com Banyak investor pemula yang belum sadar pentingnya melakukan diversifikasi. Padahal strategi ini dapat membantu kita dalam meminimalisir risiko, sekaligus mencapai hasil yang diharapkan. Untuk itu, melalui penjelasan berikut ini kita akan mencari tahu seberapa penting melakukan diversifikasi dalam aktivitas investasi. Pentingnya Diversifikasi Secara se

Mengenal John Maynard Keynes: Sang Bapak Makroekonomi Modern

Oleh: Cepy Suherman Bagi kamu yang kuliah di Fakultas Ekonomi (atau tertarik dengan ilmu ekonomi) mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama tokoh yang satu ini. Yup, dia adalah John Maynard Keynes . Pria yang dinobatkan sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh abad ke-20 versi Majalah Times ini, merupakan salah satu ekonom yang sangat penulis kagumi sejak lama.  The School of Life YouTube Channel Kehebatan Keynes dalam bidang teori ekonomi, terutama makroekonomi , sudah diakui oleh banyak orang. Pemikirannya telah mempengaruhi, bahkan mengubah berbagai kebijakan ekonomi di banyak negara. Atas prestasinya ini wajar saja jika Majalah The Economist menganggap Keynes sebagai Ekonom Terbesar Inggris abad ke-20. Penarasan siapa John Maynard Keynes sebenarnya? Yuk, simak penjelasan berikut. Siapa itu John Maynard Keynes? John Maynard Keynes lahir pada 5 Juni 1883 di Cambridge, Inggris. Ia merupakan putra dari John Neville Keynes , seorang dosen filsafat dan ekonom