Langsung ke konten utama

Woow, Ada Bimbel Masuk Bursa! Bagaimana Kinerja Sahamnya?

 

Oleh: Cepy Suherman

 

Kamu tentu tidak asing dengan lembaga bimbingan belajar (bimbel) yang diselenggarakan oleh lembaga atau institusi yang bergerak pada bidang pendidikan dalam memberikan layanan belajar secara privat ataupun berkelompok. Bimbel biasanya dimanfaatkan para siswa untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam memahami pelajaran di sekolah.

arfplaw.co.id

Tujuan para siswa mengikuti bimbel umumnya adalah untuk mengatasi kesulitan-kesulitan belajar yang mereka alami di sekolah. Diyakini bahwa dengan mengikuti bimbel, dapat membantu peserta didik meraih hasil akademik yang memuaskan. Hal tersebut kemudian mendorong orangtua mengeluarkan uang lebih untuk mendaftarkan anaknya bimbel sejak dini.

Melihat hal tersebut, bimbel menjadi peluang usaha yang menjanjikan dan memiliki pangsa pasar yang luas. Pasar usaha bimbel ini mulai dari para siswa SD hingga mahasiswa baru. Untuk mendirikannya pun tidak diperlukan modal yang sangat besar. Mendirikan usaha bimbel, bahkan yang level rumahan tidak memerlukan izin usaha. Selanjutnya, jika bimbel rumahan sudah berjalan baik dan berkembang ke skala yang lebih besar, barulah diperlukan perizinan.

Beberapa bimbel yang sudah memiliki usaha skala besar di antaranya Ganesha Operation (GO), Sony Sugema College (SSC), Nurul Fikri (NF), Bimbel Institut Teladan (INTEN), Brain Academy (Ruang Guru), Bintang Pelajar, BTA Group, Neutron, dan sebagainya.

cdn-web-2.ruangguru.com

Dari semua banyak bimbel yang penulis sebutkan di atas, status perusahaannya masih perusahaan tertutup. Tapi tahukah kamu, ada satu bimbel yang kini sudah berstatus sebagai perusahaan terbuka (Tbk) dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI)? Bimbel apakah itu?

 

Bimbel Masuk Bursa

Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan nama Bimbel Lavender. PT Lavender Bina Cendekia adalah perusahaan yang bergerak di sektor pendidikan dengan spesialisasi bimbingan belajar dan konseling. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2011 oleh 2 orang dosen UI dengan hanya 8 klien, dan sekarang berkembang mencapai lebih dari 300 klien di 2024.

Ryo Financial - by Yosafat Fantony


Bimbel Lavender memiliki produk yang bervariasi dan terus bertambah. Produk andalannya yang berbeda dan tidak banyak dimiliki oleh kompetitor lain, yaitu program Supercamp dan karantina. Di mana program ini merupakan kontributor utama bagi perusahaan dalam meningkatkan pendapatan. Karena perusahaan bergerak di bidang bimbingan belajar yang mana banyak bimbel tidak masuk di sini, maka persaingan tidak terlalu ketat. Dan sebagai informasi, bimbel Lavender termasuk salah satu yang terbaik dalam hal program supercamp dan karantina.

Bimbel yang berbasis di Depok, Jawa Barat ini menjadi emiten pendidikan bimbingan belajar dan konseling pertama yang mencatatkan sahamnya di BEI pada Januari 2023. Yang menarik, Lavender bergerak di industri yang belum pernah ada di daftar emiten BEI sebelumnya, yaitu bidang pendidikan, khususnya bimbingan belajar.

LinkedIn Lavender

Penyedia pendidikan bimbingan belajar dan konseling swasta, PT Lavender Bina Cendekia, Tbk menggunakan kode saham BMBL saat listing pada Januari 2023 lalu. Sebanyak 280 juta saham baru atas nama atau setara dengan 27,18% modal ditempatkan dan disetor penuh dilepas dengan harga Rp188/unit. Dari aksi korporasi ini, perusahaan diperkirakan dapat meraup pendanaan sekitar Rp52,64 miliar.

Saat melakukan penawaran saham perdananya (initial public offering/IPO), Lavender mencatatkan kelebihan permintaan (oversubscribed) sebanyak 47 kali dari total penjatahan terpusat. Selama masa pooling, permintaan yang masuk mencapai lebih dari 50 miliar saham dari total saham yang ditawarkan sebanyak sebanyak 280 juta saham baru. Nilai pemesanan tersebut setara dengan Rp924 miliar. Tingginya permintaan mengindikasikan antusiasme yang tinggi dari investor terhadap saham Lavender.

Dana hasil IPO tercatat digunakan oleh Lavender untuk modal kerja dan operasional perusahaan. Mengutip Detik Finance, dana yang dihasilkan dari IPO akan digunakan sekitar 25% untuk modal kerja berupa biaya pemasaran, biaya training dan biaya konsultan pengembangan (untuk SDM dan Keuangan). Kemudian 75% akan digunakan untuk Capital Expenditure (capex) berupa pelunasan pembelian apartemen dan bangunan, pembelian ruang kantor, penambahan ruang kelas, renovasi kantor dan ruang kelas, renovasi bangunan dan apartemen, pengembangan kanal pembelajaran digital, pengembangan konten untuk pembelajaran digital dan program Virtual Reality.

id.pinterest.com

Keputusan ini menjadikannya sebagai salah satu lembaga bimbingan belajar dengan aset terbesar, dan bimbel pertama di Indonesia yang melantai di bursa saham. Saham Lavender sendiri listing di papan akselerasi, di mana pergerakan saham di papan akselerasi ini begitu volatile dengan range yang lebar.

 

Kinerja Saham BMBL

Tak semua saham baru yang melantai di BEI bisa meningkat harganya, meskipun mengalami oversubscribed. Di sepanjang 2023 saja ada sembilan saham yang sudah amblas di bawah Rp50 per saham. Saham PT Lavender Bina Cendekia Tbk (BMBL) menduduki peringkat pertama. BMBL yang memasang harga IPO di harga Rp188 per lembar saham, kini per Kamis (28/03), BMBL parkir di level Rp10 atau anjlok 94,68%.

yahoo finance

Secara garis besar ada beberapa faktor yang menyebabkan penurunan harga saham. Salah satunya yaitu penurunan kinerja keuangan emiten. Dikutip dari investasi.kontan.co.id, per kuartal III-2023, BMBL membukukan pendapatan Rp12,15 miliar. Angka itu tumbuh 1,87% secara tahunan atau year on year (yoy) dari Rp11,92 miliar. Namun dari sisi bottom line, BMBL ini mencatatkan laba bersih periode berjalan senilai Rp1,71 miliar. Ini anjlok 63,56% secara tahunan dari Rp3,21 miliar.

Sebenarnya saham BMBL sudah mengalami penurunan sejak menggelar aksi korporasi penawaran umum perdana saham. Dikutip dari cnbcindonesia.com, ada beberapa manuver dari perseroan yang bisa dicermati dengan membedah prospektus dengan seksama.

Dari sisi kenaikan aset dan permodalan yang signifikan dalam 3 tahun terakhir. Kenaikan aset jumbo dalam waktu singkat seperti berbau financial engineering. Per 31 Mei 2022, total aset perusahaan mencapai Rp 33,5 miliar. Tapi, pada 31 Desember 2021, total aset BMBL sebesar Rp 7,6 miliar. Artinya dalam 1 tahun nilai aset perusahaan naik 4,4 kali. Aksi tersebut terlihat seperti dipersiapkan untuk membawa BMBL “go public”, sehingga nampak terlihat cantik.

Selain itu, perseroan pun memainkan strategi pricing harga saham. Menurut perhitungan sebelum IPO, nilai buku per saham atau Book Value per Share (BVPS) di Rp41/unit, namun ditawarkan di harga Rp188/unit saat IPO. Artinya saham tersebut dijual hampir 5 kali dari nilai buku wajarnya. Dengan harga saham yang terlalu mahal tersebut maka jangan kaget jika harganya terus mengalami Auto Reject Bawah (ARB) sejak listing.

snips.stockbit.com

Penulis mengingatkan bahwa ketidakpastian selalu terjadi dan setiap tahun hampir selalu ada masalah muncul, sehingga investor harus cerdas dan dituntut untuk dapat fleksibel. Dan bagi kamu yang ingin membeli saham, apalagi yang tertarik untuk membeli saham di level gocap atau di bawanya, harus senantiasa mencermati fundamental perusahaan agar tidak mengalami kerugian yang lebih besar.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencari Saham Murah Menggunakan Margin of Safety

Oleh: Cepy Suherman Tahukah kamu, Warren Buffet pernah berkata bahwa ada tiga kata yang paling penting dalam investasi. Tiga kata tersebut yaitu “ Margin of Safety” . Menurutnya, kata-kata (konsep) tersebut sangatlah penting bagi siapapun yang ingin meraih kesuksesan di pasar modal. tradebrains.in Bagi para value investor , margin of safety menjadi semacam strategi investasi yang wajib dipahami dan dikuasai. Dengan strategi ini, mereka bisa memperoleh saham bagus dengan harga murah, untuk kemudian dijual kembali pada harga yang lebih tinggi. Penasaran dengan strategi investasi yang satu ini? Yuk, kita simak penjelasan berikut ini. Mengenal Margin of Safety Dalam ilmu investasi, margin of safety (MOS) sebenarnya menggambarkan selisih antara harga saham ( market value ) dengan nilai intrinsik ( intrinsic value ) saham tersebut. Margin of safety atau biasa disebut juga dengan “margin pengaman” atau “batas aman” ini, adalah konsep yang dipopulerkan oleh Benjamin

Efficient Market Hypothesis: Sebuah Teori dalam Memahami Perilaku Pasar Modal

Oleh: Cepy Suherman Mempelajari pasar modal, tentu tidak akan lepas dari berbagai macam konsep dan teori yang terus dikembangkan. Salah satu “penemuan” terbesar di bidang keuangan (khususnya pasar modal) yaitu dikemukakannya sebuah hipotesis tentang pasar yang efisien ( Efficient Market Hypothesis ). Apakah kamu pernah mendengar hipotesis ini? tradebrains.in Dari sekian banyak teori keuangan, hipotesis pasar efisien dianggap sebagai salah satu teori paling penting yang wajib diketahui semua pelaku pasar modal. Konsepnya yang menarik, telah menjadikan teori ini mendapatkan perhatian yang luar biasa dan terus-menerus diuji di hampir seluruh pasar modal di dunia hingga sekarang. Penasaran, seperti apa hipotesis ini? Yuk kita simak penjelasan berikut ini. Mengenal Efficient Market Hypothesis (EMH) Efficient Market Hypothesis (EMH) pertama kali dikembangkan dari sebuah disertasi seorang ahli keuangan bernama Eugene Fama pada 1960-an, yang kemudian diperkenalkan sec

Penerapan Ekonometrika Keuangan dalam Aktivitas Trading di Pasar Modal

Oleh: Cepy Suherman Sebelum melakukan trading, para trader umumnya melakukan analisis terhadap surat berharga (efek) yang akan mereka beli, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Dalam analisis kualitatif, para trader akan mengamati model bisnis suatu perusahaan, manajemen, keunggulan kompetitif, corporate governance , regulasi, hingga pertumbuhan industri. Di sisi lain, analisis kuantitatif dilakukan dengan memeriksa laporan keuangan perusahaan. Melalui laporan keuangan ini akan diketahui mengenai nilai aset, kewajiban, kepemilikan modal, hingga proyeksi laba di masa yang akan datang. londontradinginstitute.com Salah satu metode kuantitatif yang cukup banyak dipakai dalam trading saham yaitu melalui Pemodelan Ekonometrika ( econometric modeling ). Salah satu kelebihan metode ekonometrika ini yaitu kemampuannya untuk melakukan peramalan ( forecasting ) dengan derajat probabilitas tertentu. Dalam kondisi yang penuh dengan ketidakpastian, peramalan melalui meto

Pasar Modal: Alternatif Pendanaan Modal Perusahaan

Oleh: Cepy Suherman Setiap pemilik perusahaan tentu ingin perusahaannya bisa tumbuh besar dan menguntungkan. Namun hal ini tidaklah mudah. Selain strategi dan kerja keras, tak jarang dibutuhkan pula tambahan modal yang mesti disiapkan untuk mencapai tujuan tersebut. www.iexpats.com Untuk bisa berekspansi, perusahaan dapat mengandalkan tiga alternatif sumber pendanaan. Pertama , menggunakan pendanaan internal. Sumber pendanaan ini berasal dari dalam perusahaan. Contohnya adalah laba ditahan ( retained earning ). Laba ditahan adalah bagian laba perusahaan yang tidak dibagikan kepada para pemegang saham. Besarnya laba ditahan ini tergantung jumlah laba yang diperoleh perusahaan pada periode tertentu serta ditentukan pula oleh hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) mengenai seberapa besar bagian keuntungan yang akan dibagikan. Kedua , mengajukan pinjaman ke bank. Pendanaan seperti ini biasanya disebut dengan debt financing (utang). Dana atau modal yang diperoleh dari bank

Mengenal Trading Indicator Jepang Ichimoku Kinko Hyo

Oleh: Cepy Suherman Saat mendengar istilah “ Ichimoku Kinko Hyo ”, kamu pasti akan mengasosiasikannya dengan negara Jepang. Yup, istilah ini memang diambil dari bahasa Jepang yang merupakan gabungan dari kata “ Ichimoku ” yang artinya sekilas, “ Kinko ” yang berarti keseimbangan, dan “ Hyo ” yang berarti grafik. Jadi secara sederhana Ichimoku Kinko Hyo dapat diartikan sebagai grafik yang menggambarkan keseimbangan sekilas ( equilibrium at a glance ). Pinterest Ichimoku merupakan salah satu trading indicator yang banyak digunakan para trader maupun investor. Indikator ini pertama kali dikembangkan oleh seorang jurnalis asal Jepang bernama Goichi Hosada pada 1936. Dibutuhkan waktu 20 tahun bagi Goichi Hosada untuk mengembangkan dan menguji indikator ini hingga akhirnya baru dirilis pada 1969 saat ia menulis sebuah buku. videosde.eu Pada awal kemunculannya, Ichimoku hanya digunakan oleh para trader di kawasan Asia. Mereka menggunakan indikator ini dalam

Mengukur Kinerja Reksadana dengan Indikator Kuantitatif

Oleh: Cepy Suherman Setiap orang tentu ingin memperoleh keuntungan saat berinvestasi di reksadana. Untuk mencapai hal tersebut, seorang investor biasanya akan mengamati dan melakukan review atas produk-produk reksadana yang akan mereka beli. Cara paling gampang yaitu dengan menilai reksadana berdasarkan tingkat keuntungan ( return ) dengan melihat grafik perkembangan Nilai Aktiva Bersih dari waktu ke waktu. i.ytimg.com Sebenarnya ada banyak cara untuk mengukur kinerja suatu produk reksadana. Salah satunya melalui pendekatan kuantitatif dengan bermacam indikator. Penggunaan indikator ini dapat membantu investor untuk mencari produk-produk reksadana yang dapat menghasilkan return yang optimal dengan risiko yang terukur. Dan investor tentunya menginginkan memiliki produk reksadana yang menghasilkan return tinggi dengan risiko rendah. Menilai kinerja reksadana hanya dari tingkat keuntungannya saja memang memiliki banyak kelemahan. Untuk itu diperlukan beberapa indi

Modern Portfolio Theory: Panduan dalam Diversifikasi Investasi

Oleh: Cepy Suherman “ Don’t put all your eggs in one basket ” Kamu tentu pernah mendengar pepatah di atas. Dalam dunia investasi, hal ini berarti bahwa sebaiknya kamu tidak menempatkan semua modalmu dalam satu instrumen saja. Karena jika “keranjang” itu jatuh, maka “telur-telurmu” pun akan pecah semua. Tidak semua orang berani menghadapi risiko tinggi saat berinvestasi. Untuk memperoleh hasil optimal dengan risiko yang minimal, salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan diversifikasi. Caranya yaitu dengan menempatkan aset-aset ke berbagai instrumen investasi. live.staticflickr.com Banyak investor pemula yang belum sadar pentingnya melakukan diversifikasi. Padahal strategi ini dapat membantu kita dalam meminimalisir risiko, sekaligus mencapai hasil yang diharapkan. Untuk itu, melalui penjelasan berikut ini kita akan mencari tahu seberapa penting melakukan diversifikasi dalam aktivitas investasi. Pentingnya Diversifikasi Secara se

Mengenal John Maynard Keynes: Sang Bapak Makroekonomi Modern

Oleh: Cepy Suherman Bagi kamu yang kuliah di Fakultas Ekonomi (atau tertarik dengan ilmu ekonomi) mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama tokoh yang satu ini. Yup, dia adalah John Maynard Keynes . Pria yang dinobatkan sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh abad ke-20 versi Majalah Times ini, merupakan salah satu ekonom yang sangat penulis kagumi sejak lama.  The School of Life YouTube Channel Kehebatan Keynes dalam bidang teori ekonomi, terutama makroekonomi , sudah diakui oleh banyak orang. Pemikirannya telah mempengaruhi, bahkan mengubah berbagai kebijakan ekonomi di banyak negara. Atas prestasinya ini wajar saja jika Majalah The Economist menganggap Keynes sebagai Ekonom Terbesar Inggris abad ke-20. Penarasan siapa John Maynard Keynes sebenarnya? Yuk, simak penjelasan berikut. Siapa itu John Maynard Keynes? John Maynard Keynes lahir pada 5 Juni 1883 di Cambridge, Inggris. Ia merupakan putra dari John Neville Keynes , seorang dosen filsafat dan ekonom